Find Us On Social Media :

Jalani Pola Makan Omnivora atau Vegan, Manakah yang Lebih Sehat?

Kebiasaan hidup vegan atau enggak mengonsumsi asupan hewani apa pun banyak dilakukan orang atas alasan kesehatan. Benarkah begitu?

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar istilah omnivora dan vegan?

Omnivora banyak dipahami dan diartikan sebagai pemakan segala, sedangkan vegan diartikan sebagai orang yang enggak makan daging, ikan, produk susu, juga telur.

Nah, setelah memahami dua arti dari istilah itu, manakah yang menurutmu lebih sehat, Kids?

Asupan yang enggak dikonsumsi vegan adalah apa yang umum disantap oleh manusia omnivor atau manusia yang bisa makan apa saja.

Orang yang menerapkan kebiasaan vegan hanya akan mengonsumsi sayur mayur, buah-buahan, biji-bijian, atau makanan yang terbuat dari tumbuhan (plant based).

Orang yang menerapkan gaya hidup vegan enggak mengonsumsi apa pun yang dihasilkan oleh hewan, termasuk telur dan produk susu, Kids.

Lalu, mana sih kebiasaan hidup yang lebih sehat di antara keduanya?

Lebih Sehat Pola Makan Omnivora atau Vegan?

Dilansir dari laman kompas.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang menjalani kebiasaan vegan punya kondisi tubuh yang jauh lebih baik daripada orang yang menerapkan kebiasaan makan omnivora.

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh tim dari Stanford University melibatkan 22 pasang anak kembar yang masing-masing pasangnya dibagi untuk menjalani kebiasaan vegan dan omnivora selama 2 bulan.

Penelitian itu menemukan kalau tingkat kolesterol jahat, kadar insulin, dan berat badan orang yang menjalani diet vegan lebih baik daripada orang yang menjalani gaya hidup omnivora.

Baca Juga: Bangga, Tempe Goreng Dinobatkan sebagai Makanan Vegan Terbaik Dunia Versi TasteAtlas 2023