Find Us On Social Media :

Tak Hanya Laki-Laki, Studi Ilmiah Ungkap Perempuan Sudah Berburu di Era Prasejarah

Pada era prasejarah, tak hanya kaum laki-laki yang pergi berburu, kaum perempuan juga diketahui bisa sewaktu-waktu turun berburu. Bagaimana penjelasannya?

GridKids.id - Ketika bicara tentang kehidupan masa berburu dan mengumpulkan makanan, kamu pasti membayangkan kaum laki-laki yang akan pergi berburu.

Hal ini digambarkan dalam berbagai ilustrasi gambaran masa prasejarah, Kids.

Enggak heran hal ini seolah terpatri jelas dan membekas dalam benak banyak orang, ya.

Padahal pada kenyataannya kaum perempuan juga turut punya peranan dalam upaya mencukupi kebutuhan keluarga, lo.

Kaum perempuan digambarkan punya peran sebagai pengumpul asupan serat atau keperluan rumah tangga juga merawat anak-anak.

Dilansir dari kompas.com, studi baru mengungkap kalau kaum perempuan juga turut berburu hewan untuk makanan di zaman prasejarah, lo.

Penelitian ilmiah yang dipublikasikan di Jurnal Scientific American mengungkap kalau kaum perempuan era prasejarah juga punya kemampuan berburu seperti kaum laki-laki.

Duo peneliti, Sarah Lacy dari Universitas Delaware dan Cara Ocobock dari Universitas Notre Dame meneliti pembagian kerja berdasarkan jenis kelamin selama era Paleolitikum.

Zaman Paleolitikum berlangsung antara 2.5 juta hingga 12.000 tahun yang lalu.

Tim peneliti turut mengamati perbedaan fisiologi antara kaum laki-laki dan kaum perempuan dan mengungkap bahwa ciri fisik wanita pada era prasejarah bisa mendukung mereka untuk ikut turun berburu.

Lalu, bagaimana gambaran atau penjelasan lebih lanjut tentang klaim bahwa kaum perempuan bisa berburu seperti kaum laki-laki pada masanya?

Baca Juga: Kenapa Manusia Purba Hidup Secara Berkelompok? #AkuBacaAkuTahu