Find Us On Social Media :

Mengapa Upah di Setiap Daerah di Indonesia Berbeda-beda? Materi Ekonomi Kelas XI SMA

Sistem upah adalah aturan yang digunakan untuk menentukan tingkat kompensasi atau pembayaran yang diberikan kepada pekerja dalam suatu organisasi atau negara.

GridKids.id - "Mengapa upah di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda?".

Pertanyaan di atas terdapat dalam materi Ekonomi kelas XI SMA Bab 3 Ketenagakerjaan.

Kali ini GridKids akan mencari tahu jawaban dari pertanyaan di atas dan informasi berikut ini bisa kamu jadikan referensi jawaban, ya.

Sistem upah adalah aturan yang digunakan untuk menentukan tingkat kompensasi atau pembayaran yang diberikan kepada pekerja dalam suatu organisasi atau negara.

Bersumber dari kemdikbud.go.id, terdapat beberapa jenis upah di Indonesia, yakni upah menurut waktu, upah menurut satuan hasil, dan upah borongan.

Dalam upaya mewujudkan penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan layak bagi masyarakat, pemerintah menerapkan kebijakan dalam sistem pengupahan yaitu kebijakan upah minimum.

Na, upah minimum merupakan standar penghasilan yang harus diberikan oleh pengusaha kepada pekerja yang tingkatannya disesuaikan dengan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Tahukah kamu? Sistem upah bisa sangat berbeda tergantung pada jenis pekerjaan, industri, geografi, peraturan pemerintah, dan faktor lainnya.

Tujuan sistem upah adalah untuk memastikan bahwa pekerja diberi kompensasi yang adil dan sesuai dengan kontribusi mereka terhadap organisasi atau masyarakat.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui alasan upah di setiap daerah di Indonesia berbeda-beda.

Mengapa Upah di Setiap Daerah di Indonesia Berbeda-beda?

Baca Juga: 6 Keuntungan yang Diperoleh Apabila Tingkat Pengangguran Mengalami Penurunan