Find Us On Social Media :

Perbedaan Metode Sosiologi Kualitatif dan Kuantitatif, Serta Pengertiannya

Ilustrasi metode kualitatif dan kuantitatif

GridKids.id - Dalam kehidupan sehari-hari kita tak akan pernah lepas dari interaksi manusia.

Dalam interaksi tersebut kita mempelajari kehidupan bermasyarakat dan itu dinamakan sosiologi.

Sosiologi adalah ilmu sosial yang mempelajari masyarakat, interaksi sosial, dan pola-pola perilaku manusia dalam konteks kelompok sosial.

Ilmu ini bertujuan untuk memahami bagaimana individu-individu dalam masyarakat berinteraksi, membentuk norma-norma, nilai-nilai, dan struktur sosial.

Nah, untuk mengkaji hubungan sosial dalam kehidupan masyarakat, sosiologi atau peneliti membutuhkan metode ilmiah yang sekiranya sesuai dengan apa yang akan diteliti.

Sosiologi mengenal metode ilmiah, yakni kualitatif dan kuantitatif. 

Metode Sosiologi Kualitatif

Metode kualitatif dalam sosiologi adalah pendekatan penelitian yang berfokus pada pemahaman mendalam dan interpretasi fenomena sosial dengan mengumpulkan data yang bersifat deskriptif, naratif, dan non-numerik.

Metode ini bertujuan untuk menjelaskan, memahami, dan menggambarkan aspek-aspek kualitatif dari kehidupan sosial manusia.

Beberapa metode kualitatif yang umum digunakan dalam sosiologi meliputi:

1. Wawancara Kualitatif

Baca Juga: Data Kualitatif: Pengertian, Contoh, Jenis Metode, dan Pendekatan Analisisnya

Peneliti melakukan wawancara dengan responden untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pengalaman, pandangan, dan persepsi mereka terhadap suatu fenomena sosial.

Wawancara ini bisa bersifat terstruktur (pertanyaan yang telah direncanakan sebelumnya) atau enggak terstruktur (bebas percakapan).