Find Us On Social Media :

Punya Kemiripan, Begini Kisah Bendera Merah Putih Indonesia dan Monako #AkuBacaAkuTahu

Bendera merah putih merupakan bendera kebangsaan Indonesia yang punya sejarah panjang sejak era kerajaan di abad-13.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu bahwa ada bendera negara yang mirip dengan bendera merah putih?

Sebagian dari kamu mungkin sudah tahu kalau bendera Indonesia punya kemiripan dengan negara Monako, sebuah negara kota berdaulat yang ada di Eropa Barat.

Yap, bendera dua negara ini memiliki dua elemen yaitu warna merah dan putih dengan posisi yang horizontal atau mendatar.

Nah, kesamaan bendera negara ini unik dan tentunya sempat menimbulkan sedikit friksi pada masa lalu, lo.

Indonesia sebagai negara yang baru merdeka 78 tahun lalu tentunya harus menunjukkan beberapa atribut resmi negara, termasuk bendera merah putih sebagai bendera kebangsaannya.

Namun, waktu itu Monako sempat protes dan enggak mau mengakui kemerdekaan Indonesia karena bendera merah putih milik kita, Kids.

Kesamaan bendera ini sempat menimbulkan ketegangan dan Monako juga meminta Indonesia untuk mengganti bendera kebangsaannya.

Klaim Monako mengungkap bawah bendera merah putih yang jadi bendera kebangsaan Indonesia telah jadi bendera negara mereka sejak waktu yang sangat lama.

Indonesia sebagai negara yang baru merdeka enggak berhak menggunakan bendera merah putih yang mirip dengan bendera kebangsaan Monako ini.

Bendera merah putih Monako diresmikan sebagai bendera negara di 4 April 1881 ketika pemerintahannya berada di bawah Pangeran Monako, Charles III.

Jadi, warna bendera Monako berasal dari pola wajik dari simbol dinasti Grimaldi yang dikenal dengan nama House of Grimaldi sejak 1297.

Baca Juga: Tak Hanya Vatikan, Inilah 4 Negara dalam Negara yang Ada di Dunia