Find Us On Social Media :

Materi Ilmu Ekonomi Kelas X SMA: Tujuan dan Fungsi Lembaga Keuangan Mikro (LKM)

Lembaga keuangan mikro enggak berorientasi pada keuangan atau profit

GridKids.id - Kids, apa yang kamu ketahui tentang lembaga keuangan mikro (LKM)?

Pembahasan lembaga keuangan mikro ini sesuai dengan materi Ilmu Ekonomi kelas X SMA buku Kurikulum Merdeka.

Bersumber dari kompas.com, lembaga keuangan mikro (LKM) adalah lembaga keuangan yang khusus didirikan untuk memberikan jasa pengembangan usaha dan pemberdayaan masyarakat.

Lembaga keuangan mikro juga dipahami sebagai salah satu fasilitas yang didirikan khusus oleh pemerintah untuk memberikan jasa pemberdayaan dan pengembangan usaha masyarakat kecil.

Lembaga ini memiliki fasilitas yang berupa pinjaman modal, mengelola simpanan, serta jasa konsultasi pengembangan usaha skala mikro bagi anggota dan juga masyarakat.

LKM enggak berorientasi pada keuangan atau profit karena memberikan pembiayaan yang berfokus untuk memberdayakan masyarakat yang berpenghasilan rendah atau UMKM.

LKM harus dimiliki oleh warga negara Indonesia, badan usaha miliki desa atau kelurahan, pemerintah daerah kabupaten atau kota, dan koperasi, Kids.

LKM beroperasi secara konvensional dan syariah. Dibanding LKM konvensional, LKM syariah lebih menguntungkan karena jika meminjam enggak membutuhkan jaminan, agunan, dan tingkat margin rendah.

Kontribusi LKM untuk mengatasi kemiskinan ialah dengan cara memberikan pinjaman kepada masyarakat untuk digunakan dalam kegiatan usaha dengan bunga rendah.

Ini bertujuan agar masyarakat bisa berkembang dan menghasilkan laba yang bisa mengurangi tingkat kemiskinan.

Apa saja tujuan utama LKM, Kids? Yuk, simak informasi di bawah ini, ya!

Baca Juga: Ilmu Ekonomi Kelas X SMA: Apa yang Disebut dengan Lembaga Pembiayaan?