Find Us On Social Media :

5 Penyakit Ini Bisa Disebabkan oleh Sakit Kepala, Sudah Tahu?

Ada beberapa macam penyakit yang disebabkan karena sakit kepala.

GridKids.id - Sakit kepala merupakan sebuah kondisi kesehatan yang bisa dialami oleh siapa saja.

Kondisi kesehatan yang satu ini adalah rasa sakit yang disebabkan oleh aktivitas yang terjadi di otak.

Sakit kepala ternyata menjadi gejala dari penyakit lainnya dari segala masalah kesehatan.

Sakit kepala yang disebabkan karena kondisi medis disebut sebagai kepala sekunder.Adapun beberapa penyebab sakit kepala sekunder yang perlu kamu waspadai, seperti penjelasan berikut ini.

Penyakit yang Disebabkan oleh Sakit Kepala1. DehidrasiDehidrasi merupakan suatu kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan cairan dalam tubuh untuk menjalankan fungsi organnya.

Rasa haus enggak selalu menjadi indikator awal yang dapat diandalkan sebagai tanda tubuh butuh air minum.Sakit kepala sering muncul bersamaan dengan dehidrasi lainnya, salah satunya mulut kering.

Dehidrasi ringan juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga: Hati-Hati, Konsumsi 5 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Sakit Kepala, Sudah Tahu?

2. Pendarahan otakPendarahan otak merupakan salah satu kondisi darurat medis yang memerlukan perawatan di rumah sakit.Gejala pendarahan otak termasuk sakit kepala parah, penglihatan kabur, kelemahan pada satu sisi hingga leher kaku.Secara umum, pendarahan otak terjadi karena darah kotor dari pembuluh darah yang rusak masuk ke dalam membran dan menutupi otak sehingga menyebabkan tekanan dan rasa sakit.3. Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi di mana kekuatan darah terhadap dinding arteri cukup tinggi.Beberapa orang yang mengalami hipertensi akan merasakan gejala sakit kepala, sesak napas atau mimisan.Sakit kepala karena hipertensi biasa terjadi di kedua sisi kepala.

4. MeningitisMeningitis merupakan peradangan pada cairan dan selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang kita.Pembengkakan akibat meningitis biasanya memicu tanda dan gejala seperti sakit kepala, demam dan leher kaku.

Baca Juga: Apa Penyebab Sakit Kepala Tiba-Tiba Muncul di Malam Hari?