Find Us On Social Media :

Mengenal Krengsengan, Olahan Daging Kambing Mirip Semur Khas Jawa Timur

Krengsengan adalah olahan daging kambing khas Jawa Timur yang diolah dengan bumbu-bumbu khas dan tambahan kecap manis. S

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu mendengar salah satu kuliner daging bernama krengsengan?

Krengsengan adalah kuliner khas yang dikenal di Jawa Timur berupa olahan daging dan jeroan kambing yang dimasak dengan berbagai rempah dan tambahan kecap manis.

Tampilannya mungkin akan mengingkatkanmu dengan semur daging, meski lebih kaya cabai dengan sedikit kuah cokelat yang kental.

Dilansir dari laman indonesiakaya.com, daging kambing yang dimasak sebagai krengsengan dipotong kecil-kecil, ukurannya mungkin lebih kecil ketimbang semur daging yang bentuknya keratan daging.

Daging kambing yang sudah dipotong jadi kecil-kecil ini lalu dimasak dengan beragam bumbu tumisan, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, merica, juga pala.

Bumbu-bumbu itu akan dihaluskan lalu ditumis dengan daging kambing yang sudah dipersiapkan sebelumnya, Kids.

Nantinya daging berbumbu ini akan ditambahkan kecap manis selama proses pemasakannya.

Selama dimasak, krengsengan enggak ditambahi terlalu banyak air sehingga kuahnya jadi berwarna cokelat tua dan tentunya punya rasa yang dominan manis dan pedas.

Meski krengsengan mungkin enggak sepopuler kuliner Jawa Timur lainnya, seperti rawon atau rujak cingur, krengsengan sudah jadi salah satu jenis kuliner favorit warga Jawa Timur, lo, Kids.

Umumnya krengsengan mudah ditemukan di Surabaya, dijual di warung-warung pinggir jalan yang menawarkan kuliner ini dengan harga bersahabat di kantong.

Seporsi krengsengan daging lengkap dengan nasi putihnya biasa dijual antara 15.000-25.000 rupiah.

Baca Juga: Sejarah Tengkleng, Kuliner Solo yang Lahir dari Masa-Masa Sulit