Find Us On Social Media :

10 Peran Indonesia dalam Organisasi Internasional PBB serta Prinsipnya

Indonesia kembali menjadi anggota pada 28 September 1966 hingga saat ini.

GridKids.id - Apa saja peran Indonesia dalam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kids?

Salah satu organisasi internasional yang diikuti oleh Indonesia adalah PBB. PBB resmi didirikan di San Fransisco, Amerika Serikat pada 24 Oktober 1945.

Nah, berdirinya PBB dilatarbelakangi oleh dorongan untuk membangun kerja sama internasional.

Tahukah kamu? PBB merupakan penggantu Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yang dianggap gagal dalam mencegah terjadinya Perang Dunia ke II, lo.

Ini dikarenakan kehadiran PBB diharapkan mampu meredam potensi terjadinya Perang Dunia ke II.

Keanggotaan PBB terbagi menjadi dua bagian. Pertama adalah anggota yang ikut serta dalam penandatanganan perjanjian 50 negara.

Sementara yang kedua merupakan negara-negara yang merdeka dan menginginkan perdamaian, disetujui oleh Dewan Keamanan maupun Majelis Umum, dan memiliki kesanggupan untuk menaati kewajiban.

Indonesia mendukung penuh tujuan utama PBB, yakni menjaga perdamaian dan keamanan dunia sesuai yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Indonesia menjadi anggota PBB pada 28 September 1950 dan hampir setahun setelah pengetahuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda.

Meski pernah keluar dari keanggotaan PBB pada 7 Januari 1965, Indonesia kembali menjadi anggota pada 28 September 1966 hingga saat ini.

Simak informasi di bawah ini untuk mengetahui apa saja peran Indonesia dalam PBB, ya.

Baca Juga: 10 Peran Indonesia dalam Gerakan Nonblok yang Dibentuk pada 1 September 1961