Find Us On Social Media :

Benarkah IPTEK Lahir dari Adaptasi Manusia Terhadap Lingkungannya?

Ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perkembangan didorong oleh adaptasi yang dilakukan manusia terhadap perubahan yang terjadi di sekitarnya.

GridKids.id - Kids, kembali lagi bersama GridKids untuk membahas tentang topik menarik yaitu Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau IPTEK.

Pada beberapa artikel GridKids sebelumnya kamu sudah diajak mengenal berbagai dampak IPTEK dalam berbagai bidang kehidupan kita.

IPTEK dan pengembangannya menjadi fokus penting bagi negara karena bisa jadi salah satu penunjang pembangunan ekonomi.

Ekonomi yang kuat dianggap bisa jadi salah satu pondasi yang kuat supaya negara kita ini bisa bersaing secara global dan mencapai kemakmuran bersama.

Hal ini jugalah yang menggerakan banyak negara Barat hingga negara-negara Macan Asia berlomba-lomba untuk menghasilkan teknologi paling mutakhir dan menjadi yang paling unggul di antara yang lain.

Berbagai inovasi dan temuan canggih ini nantinya akan diterapkan pada berbagai industri dan segala bidang kehidupan yang mendorong peningkatan kualitas hidup hingga kesejahteraan masyarakatnya.

Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Indeks Pembangunan Manusia (human capital index) Indonesia menduduki peringkat 130 dari total 199 negara dunia.

Menurut laman bps.go.id, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada 2022 mencapai 72,91 dari yang sebelumnya 72,29.

Jumlah itu dianggap meningkat sekitar 0,62 poin atau sekitar 0, 86 persen dibanding tahun sebelumnya.

Ketika bicara tentang IPTEK maka enggak bisa lepas dari lingkungan dan budaya bangsa yang terlibat di dalamnya.

Seperti apakah adaptasi manusia dalam menerima perubahan dan perkembangan IPTEK dari waktu ke waktu?

Baca Juga: 3 Pengaruh Negatif Perkembangan IPTEK bagi Rasa Nasionalisme