Find Us On Social Media :

3 Pengaruh Negatif Perkembangan IPTEK bagi Rasa Nasionalisme

Rasa nasionalisme yang dimiliki seseorang bisa mengalami krisis jika terlalu larut dalam perkembangan teknologi. Kenapa begitu?

GridKids.id - Hai, Kids, kali ini kamu kembali diajak membahas tema tentang pengaruh IPTEK dalam berbagai bidang kehidupan.

IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi terus berkembang dari waktu ke waktu dan senantiasa mencoba mencari jawaban atas tantangan jaman yang terus berubah.

Perkembangan IPTEK membantu banyak orang menyesuaikan diri dengan tuntutan zaman, termasuk efisiensi dan jangkauan komunikasi yang enggak terbatas.

Teknologi yang terus berkembang ini seolah enggak ada habisnya untuk diselami dan dipelajari.

Banyak hasil teknologi yang berhasil merubah kehidupan manusia, memudahkan dan menyingkat berbagai proses rumit jadi lebih mudah.

Namun, enggak semua perangkat teknologi dan penggunaannya membawa dampak positif bagi kehidupan manusia, lo, Kids.

Ada juga dampak negatif yang muncul akibat penggunaan teknologi yang enggak dikendalikan dan dibekali dengan nilai-nilai luhur atau pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara kita sendiri.

Apa sajakah pengaruh negatif dari berkembangnya IPTEK bagi nasionalisme seseorang?

Pengaruh Negatif Perkembangan IPTEK bagi nasionalisme

1. Lunturnya Rasa Cinta Tanah Air

Ketika informasi menjadi salah satu barang yang gampang diakses, berbagai pengaruh kebudayaan atau tren juga ikut diserap bersamaan dengan berbagai budaya asing.

Baca Juga: Bangga Produk dalam Negeri, Salah Satu Bentuk Cinta Tanah Air