Find Us On Social Media :

Mengenal Bioteknologi, Perpaduan Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Rekayasa

Bioteknologi adalah penerapan teknik-teknik yang sesuai untuk mendayagunakan organisme (sel, jaringan makhluk hidup) dalam rangka memperoleh hasil yang diinginkan

GridKids.id - Bioteknologi telah dikenal manusia telah dikenal selama ribuan tahu.

Bioteknologi digunakan untuk menghasilkan produk yang diinginkan dengan menggunakan mikroorganisme, seperti roti, bir, keju dan lain-lain.

Sampai saat ini, pemanfaatan bioteknologi telah merambah hampir ke seluruh aspek kehidupan dan secara lengkap dijelaskan dalam buku Bioteknologi.

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi berasal dari kata bio yang artinya makhluk hidup, dan teknologi.

Jadi, pengertian bioteknologi adalah pemanfaatan makhluk hidup secara utuh maupun bagian-bagiannya untuk menghasilkan atau memodifikasi produk yang bermanfaat, melalui cara prinsip atau teknologi tertentu.

Dalam bidang kedokteran, penerapan bioteknologi di masa lalu telah dibuktikan antara lain dengan ditemukannya vaksin, antibiotik dan insulin, walaupun masih terbatas karena fermentasi yang tak sempurna.

Saat ini, bioteknologi memiliki perkembangan yang sangat pesat, terutama di negara-negara maju.

Kemajuan tersebut ditandai dengan ditemukannya berbagai teknologi seperti rekayasa genetika, kultur jaringan, DNA rekombinan, seleksi sel punca, kloning, dan lain-lain.

Penerapan bioteknologi di era ini juga dapat ditemukan dalam perlindungan lingkungan dari pencemaran.

Misalnya pada penguraian minyak oleh bakteri yang tumpah ke laut dan pada proses penguraian zat berbahaya (racun) di sungai atau laut dengan menggunakan bakteri jenis baru.

Baca Juga: 8 Perbedaan Bioteknologi Modern dan Konvensional serta Dampak Negatifnya