Find Us On Social Media :

Persebaran Bencana Alam di Indonesia: Tsunami, Banjir, dan Kekeringan, Geografi Kelas 11 SMA

Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia ketika musim penghujan. Apa penyebab dan di mana saja bencana ini terjadi?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) sebelumnya kamu sudah belajar tentang beberapa persebaran bencana alam di Indonesia.

Dalam buku materi Geografi Kelas 11 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 189-191 tertulis tentang persebaran bencana alam seperti tsunami, banjir, hingga kekeringan.

Kali ini GridKids akan mengajakmu membahasnya satu persatu di mana letak persebaran beberapa bencana yang sering terjadi di Indonesia.

Yuk, simak sama-sama seperti apa uraian penjelasan lengkapnya di bawah ini, Kids.

Persebaran Bencana Alam di Indonesia

1. Tsunami

Meski tinggal di daerah pesisir bisa senantiasa melihat berbagai panorama alam yang indah, ada risiko bencana alam yang terus mengintai lo, Kids.

Masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir rentan menghadapi risiko tsunami yang mematikan.

Ada beberapa tanda-tanda yang perlu disoroti ketika tinggal di wilayah pesisir, di antaranya: suara gemuruh ombak yang terdengar enggak biasa, air laut yang mendadak surut, hingga tanah yang turut bergetar.

Hal ini disebut menjadi tanda-tanda akan terjadi tsunami di laut atau pantai sekitarnya.

Beberapa wilayah Indonesia yang punya tingkat kerawanan bencana tsunami di antaranya Sumatra bagian selatan, kepulauan Maluku, dan Papua bagian utara.

Baca Juga: 7 Bencana Tsunami Terbesar Sepanjang Sejarah Peradaban Manusia #AkuBacaAkuTahu