Find Us On Social Media :

Mengenal TOEFL: Pengertian, Fungsi, hingga Kegunaan untuk Tes

Tes TOEFL dilakukan untuk mengukur kemampuan membaca bahasa Inggris seseorang agar nantinya dapat memahami buku-buku dan materi yang diwajibkan.

GridKids.id - Kids, bagi kamu pernah mengambil kursus bahasa Inggris atau bahkan sudah memiliki rencana untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, istilah TOEFL (Test of English as a Foreign Languange) pasti enggak asing lagi di telinga. 

Tes ini merupakan layanan tes yang terdaftar dari ETS (Educational Testing Service) yang sudah ada sejak tahun 1947 di Amerika Serikat.Namun TOEFL pertama kali digunakan pada tahun 1963.

Pengertian TOEFL

TOEFL merupakan sebuah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang.

Tes tersebut berguna untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang yang akan bekerja atau kuliah di negara tujuan berbahasa Inggris.

Hampir semua universitas di Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Eropa memerlukan tes TOEFL untuk persyaratan masuk kuliah.

Jika dilihat secara umum, tes TOEFL bertujuan untuk menilai kemampuan menulis, membaca, dan mendengarkan dalam bahasa Inggris.

Selain itu tes TOEFL dilakukan untuk menilai sejauh mana kemampuan tata bahasa dan menulis seseorang agar mampu membuat tulisan ilmiah.

Hal itu juga dilakukan untuk mengukur kemampuan membaca bahasa Inggris seseorang agar nantinya dapat memahami buku-buku dan materi yang diwajibkan.

Masa berlaku dari tes ini hanya enam bulan dan biayanya lebih rendah.

Baca Juga: 5 Beasiswa Luar Negeri Tanpa TOEFL dan IELTS, Salah Satunya di Korea

TOEFL Like-Test juga bersumber pada soal-soal beberapa tahun sebelumnya dari international TOEFL test.Tes jenis ini enggak bisa digunakan untuk mendaftar kuliah di luar negeri dan hanya dapat digunakan untuk memenuhi syarat beberapa universitas di Indonesia dan enggak memiliki masa berlaku.