Find Us On Social Media :

Pentingnya Pemerintah Perkuat Perlindungan Perkerja Migran Indonesia

Simak lirik lagu Buruh Tani.

GridKids.id - Bagaimana pemerintah memperkuat perlindungan migran Indonesia?

Setelah kita mengetahui pengertian pekerja migran Indonesia, kita akan membahas tentang perlindungan pekerja migran.

Guna mengantisipasi dan menangani masalah Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal dan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Pemerintah terus melakukan penguatan dari segala aspek dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Maksud dari pentingnya Perlindungan Pekerja Migran Indonesia

Ada pun yang dimaksud Perlindungan Pekerja Migran dalam Peraturan Presiden Nomor 90 tahun 2019 adalah sebagai berikut.

Jika mengacu pada sejumlah aturan tersebut, Pelindungan Pekerja Migran Indonesia adalah segala upaya untuk melindungi kepentingan Calon Pekerja Migran Indonesia dan/atau Pekerja Migran Indonesia dan keluarganya.

Dalam mewujudkan terjaminnya pemenuhan haknya dalam keseluruhan kegiatan sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja dalam aspek hukum, ekonomi, dan sosial.

Pemerintah mengeluarkan UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia dan Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia.

Dalam aturan ini, Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dilakukan untuk menjamin pemenuhan hak pekerja sebelum bekerja, selama bekerja, dan setelah bekerja.

Namun, implementasi aturan ini masih dari jauh dari kata sempurna.

Misalnya, masih sering terjadinya pemalsuan dokumen pekerja migran dan banyaknya pekerja migran yang tak mendapatkan pelatihan sebelum diberangkatkan.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan: Apa yang Dimaksud Pekerja Migran dan Syaratnya?