Find Us On Social Media :

Penjabaran Soal Dampak Konsentrasi Kekayaan terhadap Perekonomian

Kesenjangan sosial adalah fenomena sosial yang enggak bisa dihindari, tapi bisa diminimalisir.

GridKids.id - Kids, kita akan menjawab soal pertanyaan materi ekonomi kelas IX tentang ketimpangan ekonomi terhadap masyarakat.

Pada materi ini, terdapat pertanyaan untuk menjabarkan dampak konsentrasi kekayaan terhadap perekonomian masyarakat.

Masyarakat sudah menyadari ketimpangan ekonomi yang terjadi di Indonesia.  

Dalam Survei Persepsi yang dilakukan Lembaga Survei Indonesia (LSI), sebanyak 91,6% responden mengakui distribusi pendapatan tergolong “cukup tak setara” dan “tak setara sama sekali”.

Respons ini konsisten di seluruh lintas kelompok, mulai dari gender, pendapatan, pendidikan, usia, dan lokasi (kota/desa).

Terkait perubahan pendapatan dalam lima tahun terakhir, persepsi masyarakat mencerminkan ketimpangan ekonomi di Indonesia masih dalam.

Sebanyak 24% responden termiskin menilai pendapatannya jauh menurun.

Sebaliknya, 56% responden dari golongan terkaya merasa pendapatannya makin meningkatMenurut Bank Dunia, ketimpangan ekonomi yang meningkat di Indonesia bukan karena memburuknya kondisi kemiskinan, namun melesatnya akumulasi kekayaan kelas atas.

Antara 2003 dan 2010, konsumsi tahunan per orang dari 10% individu terkaya tumbuh hingga 6% setelah disesuaikan dengan inflasi.

Namun konsumsi tahunan untuk 40% individu termiskin hanya tumbuh kurang dari 2%, seperti yang tertulis dalam laporan A Perceived Divide: How Indonesians Perceive Inequality and What They Want Done About It.

Baca Juga: Materi IPS Kelas 11 SMA : Faktor-Faktor Penyebab Ketimpangan Sosial

Data Bank Dunia tentang konsentrasi kekayaan menunjukkan kondisi ketimpangan yang amat parah.