Find Us On Social Media :

Perubahan pada Tubuh Astronaut yang Berhasil Kembali ke Bumi dengan Selamat

Astronot yang berhasil menyelesaikan misi luar angkasa dan kembali ke Bumi mengalami beberapa efek pada kinerja fungsi organ tubuhnya. Apa saja?

GridKids.id - Kids, pada artikel GridKids sebelumnya kamu sudah mengetahui apa saja yang terjadi pada tubuh astronaut ketika kembali pulang ke Bumi.

Kehidupan astronaut di ruang angkasa yang membutuhkan penyesuaian diri karena enggak adanya daya gravitasi seperti di planet Bumi.

Mantan astronaut yang menjalankan misi di ruang angkasa akan mengalami perubahan pada kondisi kesehatannya ketika sampai lagi ke Bumi.

Dilansir dari laman klikdokter.com, pada 2016, seorang astronaut dari Amerika Serikat yaitu Scott Kelly berhasil pulang ke Bumi.

Scott Kelly menjadi astronaut Amerika Serikat yang punya durasi misi terpanjang di ruang angkasa bersama dengan kosmonot Mikhail Kornieko dari Rusia.

Misi ruang angkasa yang dilakukan oleh Scott Kelly adalah mencoba mengungkap perubahan yang terjadi pada tubuh manusia selama berada di ruang angkasa sampai kembali lahi ke Bumi.

Studi NASA mengungkapkan tentang kondisi kesehatan astronaut Scott Kelly yang dibandingkan dengan saudara kembarnya yaitu Mark Kelly.

Selama berada di stasiun Luar Angkasa Internasional, tim peneliti NASA berhasil mengumpulkan data dari Scott atau saudara kembarnya di Bumi untuk dibandingkan sebagai subjek penelitian.

Studi ini bertujuan untuk mengenal tubuh manusia lebih jauh dalam kondisi dengan dan tanpa daya gravitasi.

Hasil studi ini dirilis pada Februari 2018 oleh NASA di web resminya dan dijelaskan dalam dua macam perubahan tubuh astronaut ini, di antaranya:

Perubahan Tubuh Astronaut Setelah Berhasil Kembali ke Bumi

Baca Juga: Mengenal Astronaut dan Misi Antariksa Paling Besar Sepanjang Sejarah