Find Us On Social Media :

Faktor Penyebab Penyakit Jantung Koroner dan Hindari Kebiasaan Ini

(ilustrasi) Salah satu tanda jantung bermasalah adalah nyeri di dada.

GridKids.id - Penyakit jantung atau dalam istilah medis disebut penyakit jantung koroner. Lalu apa yang dimaksud penyakit jantung koroner ?

Penyakit jantung koroner adalah kondisi saat pembuluh darah yang memasok yang memasok darah ke jantung rusak atau tersumbat.Atau kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah utama yang menyuplai darah ke jantung (pembuluh darah koroner) mengalami kerusakan.

Hal itu disebabkan karena adanya penumpukan kolestrol dan peradangan yang memicu di pembuluh darah arteri koroner.

Penyakit jantung koroner bisa terjadi apabila arteri koroner (arteri yang memasok darah dan oksigen ke otot jantung) mengendap oleh zat lemak yang disebut plak atau ateroma.

Plak ini menumpuk secara bertahap di dinding bagian dalam arteri, yang akhirnya membuat arteri menjadi sempit. 

Proses penyempitan ini disebut dengan aterosklerosis. Aterosklerosis bahkan sudah dapat terjadi pada usia muda, dan menjadi bertambah hebat pada saat seseorang mencapai usia pertengahan.

Simak penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab dan gejala jantung korner.

Arteri koroner bisa menyempit atau tersumbat oleh penimbunan plak di dinding arteri.

Plak terbuat dari kelebihan kolesterol serta zat-zat lain yang mengapung melalui arus darah, seperti sel-sel yang meradang, protein dan kalsium. 

Seiring dengan berjalannya waktu plak akan berkembang dengan ukuran yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung dan Stroke, Salah Satunya Berenang

Bila bagian luar plak yang keras retak atau robek, platelet (partikel berbentuk cakram dalam darah yang membantu pembekuan darah) akan datang ke daerah tersebut dan terbentuk penggumpalan darah di sekitar plak.