Find Us On Social Media :

Cahaya dan Alat Optik: Sifat-Sifat Cahaya, Materi IPA Kelas 8 SMP

Cahaya adalah sinar atau pancaran yang dihasilkan oleh benda tertentu atau pantulan yang terjadi. Apa saja sifat-sifatnya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini akan membahas tentang materi IPA Kelas 8 SMP Bab 4 tentang cahaya dan alat optik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), cahaya adalah sinar atau terang (dari sesuatu yang bersinar seperti matahari, bulan, lampu) yang memungkinkan mata untuk menangkap bayangan benda-benda di sekitarnya.

Sedangkan alat optik merupakan alat yang berkenaan dengan penglihatan (cahaya, lensa mata, dan sebagainya).

Cahaya yang kamu lihat sehari-hari punya sifat-sifat tersendiri, yaitu benda yang bisa memancarkan cahayanya sendiri dan benda yang enggak bisa memancarkan cahaya sendiri dan menjadi akibat dari proses pemantulan cahaya.

Bintang di langit malam adalah salah satu contoh benda langit yang bisa memancarkan cahayanya sendiri.

Sedangkan bulan sebagai satelit alami Bumi merupakan benda langit yang enggak memancarkan cahaya sendiri tapi memantulkan cahaya Matahari.

Cahaya yang dipancarkan oleh bintang merambat lurus sampai mencapai ke penglihatan kita, kerlipnya akan terlihat sama terang dengan frekuensi yang sama selama enggaka ada yang menghalangi sinarnya.

Selain merambat lurus, cahaya juga bisa dipantulkan jika menumbuk atau berada di bidang permukaan benda tertententu.

Pemantulan cahaya yang terjadi terbagi jadi dua jenis, yaitu pemantulan baur atau enggak teratur dengan pemantulan teratur.

Pemantulan baur terjadi ketika cahaya yang dipantulkan oleh bidang yang enggak rata atau enggak halus, seperti di kertas, permukaan aspal, hingga tembok bangunan.

Sedangkan, pemantulan teratur terjadi ketika cahaya dipantulkan oleh bidang yang rata dan licin seperti cermin datar atau kaca.

Baca Juga: Mengenal Fatamorgana, Fenomena Ilusi Optik yang Membentuk Genangan Air