Find Us On Social Media :

5 Fakta Sejarah Indonesia dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Pada 4 Oktober 1945 PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) resmi dibentuk.

GridKids.id - Pada 24 Oktober 1945 sejarah PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa resmi dibentuk.

Menurut sejarah, PBB merupakan organisasi internasional kedua terbesar dengan anggotanya datang dari berbagai negara.

Sejarah PBB ini juga dimulai ketika Liga Bangsa-Bangsa dibentuk oleh Versailles pada 1919 lalu.

PBB dibentuk dari kejadian Perang Dunia II yang mendorong Amerika Serikat, Uni Soviet, dan Inggris merumuskan deklarasi PBB pada Januari 1942 yang ditandatangani oleh 26 negara.

Ketika deklarasi itu, nama PBB atau United Nations yang diciptakan Presiden AS, Franklin D Roosevelt pun ikut diagungkan.

Kemudian, pada 25 April 1945, dipimpin oleh Presiden Presiden Amerika Franklin Roosevelt, PM Uni Soviet Joseph Stalin, dan PM Inggris Winston Churchill, maka lahirlah prinsip-prinsip Piagam PBB.

Konferensi PBB kemudian diikuti oleh perwakilah dari 50 negara yang terdiri dari 9 negara Eropa kontinental, 21 negara Republik Amerika Utara, Tengah, dan Selatan, 7 negara Timur Tengah, 5 negara Persemakmuran Inggris, dan 2 negara Republik Soviet.

Terdapat juga perwakilan dari 2 negara Asia Timur dan 3 negara Afrika. Konferensi ini menetapkan struktur organisasi internasional baru yang bertujuan untuk menyelamatkan generasi di masa depan dari perang.

Selain itu juga bertujuan untuk mendukung dan menegaskan Hak Asasi Manusia, membuat perjanjian dan hukum internasional, kebebasan masyarakat, hingga prinsip-prinsip persamaan.

Nah, saat ini PBB sudah memiliki enam bahasa resmi, yaitu Arab, China, Inggris, Prancis, Rusia, dan Spanyol.

Indonesia juga memiliki sejarah yang cukup panjang dengan PBB, Kids. Saat ini, masih menjadi negara pertama yang keluar dari PBB. 

Baca Juga: 4 Golongan Hak-Hak Anak Menurut Konvensi PBB, Salah Satunya Kebebasan Berpendapat