Find Us On Social Media :

Perang Asia Pasifik: Latar Belakang dan Dampak yang Disebabkannya

Perang Asia Pasifik

GridKids.id - Kids, apakah yang kamu ketahui tentang Perang Asia Pasifik?

Perang Asia Pasifik dikenal juga sebagai Perang Asia Timur Raya, merupakan perang yang terjadi di Samudra Pasifik dan pulau-pulau di sekitarnya.

Perang ini berlangsung cukup lama hampir 4 tahun lamanya, yaitu sejak 7 Desember 1941-2 September 1945.

Meski resmi pecah pada 1941, sebenarnya berbagai perang yang dimulai dari pihak Jepang kepada negara-negara Asia juga sudah mengawali situasi perang yang begitu intens selama bertahun-tahun lamanya.

Perang Tiongkok - Jepang disebut mengawali atau jadi latar belakang dari Perang Asia Pasifik ini.

Perang dua kekaisaran di kawasan Asia ini berlangsung sejak 7 Juli 1937, dengan konflik dan friksi yang bahkan sudah terjadi jauh sebelum itu yaitu ketika Jepang menginvasi Manchuria pada 19 September 1931.

Serangan Jepang ke pangkalan militer Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada 8 Desember 1941 disebut mengawali Perang dan adu kekuatan antara dua negara ini.

Sebelum serangan ke Pearl Harbour, pihak Jepang menginvasi Thailand, menyerang koloni Britania di Malaya, Singapura, dan Hongkong.

Serangan Jepang meluas hingga ke wilayah Asia Tenggara hingga terjadi pendudukan ke negara koloni Belanda, yaitu Indonesia pada 1942.

Lalu, apa sebenarnya alasan Jepang memantik Perang Asia Pasifik dan menyebabkan gempuran serangan yang menyebabkan banyak hilangnya harta benda dan korban jiwa?

Apa saja dampak dari pecahnya perang Asia Pasifik atau perang Asia Timur Raya?

Baca Juga: 7 Negara Adidaya Pada Era Sebelum Perang Dunia II, Salah Satunya Makedonia