Find Us On Social Media :

Kenapa Hewan Buas Sebaiknya Tak Dijadikan Hewan Peliharaan?

Hewan buas adalah hewan yang hidup di alam liar dan enggak cocok dijadikan peliharaan manusia.

GridKids.id - Kids, pernahkah kamu melihat video atau liputan tentang hewan buas di alam bebas?

Hewan buas adalah jenis hewan yang biasanya bersikap agresif ketika ada manusia yang mendekat.

Biasanya hewan-hewan ini akan menyerang dengan menggigit, menyundul, mencakar, menyemburkan racun, menerkam yang bisa melukai dan membahayakan manusia.

Meski manusia dianggap sebagai makhluk hidup paling sempurna di antara makhluk hidup lainnya, berada berdekatan dengan hewan buas bisa membahayakan jiwa manusia.

Hewan buas bisa dianggap sebagai jenis hewan yang enggak pernah dipelihara atau dibiasakan hidup dengan manusia karena berbahaya dan enggak bisa hidup di wilayah pemukiman manusia.

Inilah yang membuat orang yang memelihara hewan buas di lingkungan rumahnya dianggap sebagai tindakan yang kejam dan ilegal.

Nyatanya banyak spesies hewan yang tinggal jauh dari habitat aslinya untuk menyenangkan hati manusia yang suka memandangi keindahan hewan-hewan itu.

Meski bisa memberi hewan-hewan buas ini makan yang cukup, kemerdekaan dan kebebasan hewan-hewan tentunya terpenjara karena hanya boleh berada di kandang atau wilayah yang aman.

Padahal secara naluri hewan-hewan buas perlu menjelajah alam bebas untuk meningkatkan kemampuan berburunya.

Hewan-hewan buas enggak mungkin dilepaskan ke luar wilayah yang sudah aman atau ke muka umum karena bisa membahayakan bagi keselamatan masyarakat.

Memelihara hewan buas atas alasan apapun bisa menyebabkan hewan-hewan ini pelan-pelan dilumpuhkan dan dibuat tumbuh enggak sesuai dengan perkembangan yang seharusnya.

Baca Juga: Hewan Buas yang Biasanya Hidup di Hutan Gunung #AkuBacaAkuTahu