Find Us On Social Media :

Nilai Instrumental dan Nilai Praksis Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Materi PKN Kelas 9

Tak hanya sebagai nilai dasar, Pancasila sebagai ideologi terbuka juga memiliki nilai instrumental dan nilai praksis. Bagaimana penjelasannya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 tentang Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 17-18 akan melanjutkan pembahasan tentang nilai-nilai dalam Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Setelah membahas nilai-nilai dasar dalam Pancasila, kali ini kamu akan diajak membahas tentang nilai instrumental dan nilai praksis.

Nilai instrumental merupakan penjabaran dari nilai-nilai dasar ideologi Pancasila, yaitu peraturan perundangan dan lembaga pelaksananya, seperti UUD, Tap MPR, UU, dan peraturan perundang-undangan lain.

Peraturan perundangan itu bisa disesuaikan dengan perkembangan zaman dan aspirasi masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Sedangkan nilai praksis adalah realisasi dari nilai-nilai instrumental berupa pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Ideologi yang punya sifat ideal akan dianggap semakin baik jika ada norma-norma yang jelas karena harus direalisasikan dalam kehidupan nyata.

Oleh karenanya, Pancasila sebagai ideologi terbuka secara struktural punya tiga dimensi, apa sajakah itu?

Dimensi Pancasila sebagai Ideologi Terbuka

1. Dimensi Idealisme

Dimensi ini menekankan pada nilai-nilai dasar yang terkandung dalam pancasila yang terlihat sistematis, rasional, dan menyeluruh.

Baca Juga: Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Materi PKN Kelas 9 SMP