Find Us On Social Media :

Nilai Dasar yang Terkandung dalam Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Materi PKN Kelas 9 SMP

Pancasila adalah dasar ideologi negara Indonesia yang diambil dari pandangan dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Seperti apa nilai dasarnya?

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 masih membahas tentang Dinamika Perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara dan Pandangan Hidup Bangsa.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 1 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 16-17 dijelaskan tentang kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar bersama GridKids tentang pengertian ideologi terbuka yang dianut oleh negara-negara di dunia.

Pancasila sebagai dasar negara Indonesia juga merupakan hasil dari pandangan hidup dan falsafah bangsa sehingga cocok disebut sebagai ideologi terbuka.

Pancasila bersifat terbuka karena selalu bisa dinamis mengikuti perkembangan dan perubahan zaman, nilai-nilainya tetap relevan meski enggak berubah.

Pelaksanaan dan penerapan nilainya akan disesuaikan sesuai kebutuhan dan tantangan zaman yang akan terus ada dari waktu ke waktu. Keterbukaan ideologi Pancasila harus selalu memerhatikan beberapa hal, seperti:

- stabilitas nasional yang dinamis;

- larangan untuk memasukkan pemikiran-pemikiran yang mengandung nilai-nilai ideologi marxisme, leninisme, dan komunisme;

- mencegah berkembangnya paham liberal;

- larangan terhadap pandangan ekstrem yang menggelisahkan kehidupan masyarakat;

- penciptaan norma yang harus lewat kesepakatan bersama masyarakat.

Baca Juga: Hakikat Pancasila sebagai Ideologi Terbuka, Materi PKN Kelas 9 SMP