Find Us On Social Media :

Diperingati Tiap 3 Januari, Begini Sejarah Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional

Kesehatan pikiran memengaruhi kesehatan tubuh secara menyeluruh. Hal ini mendorong penetapan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh.

GridKids.id- Kids, hari ini tepatnya 3 Januari diperingati sebagai Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional.

Tiap orang mungkin sudah memahami bahwa memiliki tubuh yang sehat juga berkaitan dengan kesehatan pikiran atau mental yang terjaga.

Peringatan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional ini jadi komitmen baru bagi masyarakat untuk mencintai dan merawat diri sendiri dengan lebih baik lagi.

Pikiran dan tubuh yang sehat tentunya menjadi bentuk harmonis dari kesadaran bahwa segala hal yang terjadi dalam hidup kita enggak selalu mudah tapi kita tetap harus bisa bertindak dengan kepala dan hati yang dingin.

Peringatan Hari Kesehatan Pikiran dan Tubuh Internasional bertolak pada penelitian dan ajaran seorang dokter dari Yunani, yaitu Hippocrates.

Pada beberapa dekade terakhir sudah banyak ahli yang memfokuskan penelitian dan mencoba menemukan kaitan antara pikiran yang sehat dengan kondisi fisik maupun sebaliknya.

Dari beragam penelitian yang dilakukan para ahli ditemukan fakta bahwa keduanya saling berkaitan dan memengaruhi satu sama lainnya.

Dilansir dari halodoc.com, kesehatan pikiran yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh bisa dijaga dengan melakukan beberapa hal, seperti berikut:

- aktif bergerak dan rutin berjalan kaki;

- ungkapkan perasaan atau emosi secara teratur dengan cara yang sehat;

- habiskan waktu bersama teman dan orang-orang tersayang yang kamu percaya;

Baca Juga: Edukasi Kesehatan Mental dan Cara Mengatasi Depresi pada Anak-Anak