Find Us On Social Media :

Mengenal Oliebollen, Kudapan Perayaan Tahun Baru Ala Belanda yang Viral

Oliebollen adalah kudapan khas yang wajib disajikan pada perayaan tahun baru di Belanda.

GridKids.id - Kids, belakangan sedang viral orang membicarakan tentang oliebollen, tahukah kalian apa itu?

Oliebollen merupakan sajian khas perayaan tahun baru di Belanda yaitu berupa donat goreng berbentuk bulat yang uniknya ternyata mirip dengan salah satu kudapan khas Jawa Barat yaitu odading.

Oliebollen dan odading sebenarnya memiliki bahan-bahan yang serupa, letak bedanya adalah isian yang ditambahkan yaitu ada kismis di oliebollen sedangkan di odading disajikan polos tanpa isian apa-apa.

Oliebollen pada dasarnya merupakan sajian bola-bola goreng yang terbuat dari tepung, ragi, garam, susu, air, dan gula yang dicampurkan juga dengan kismis (anggur kering).

Setelah matang dan diangkat dari penggorengan oliebollen akan ditambahkan taburan gula halus sebagai pemanis dan mempercantik tampilannya.

Dilansir dari kabarbelanda.com, tiap menjelang momentum pergantian tahun akan terlihat banyak penjual oliebollen yang menjajakan dagangannya dalam sebuah gerobak.

Oliebollen original terbuat dari tepung, telur, dan susu dan untuk menambahkan rasa manis akan ditambahi taburan gula halus di atasnya.

Jenis oliebollen lain yaitu oliebollen krenten yang didalamnya ditambahkan isian kismis dan dijual dengan harga 1-12 euro per kotaknya yang berisikan 10 buah oliebollen.

Para penjual oliebollen yang menjajakan dagangannya dalam gerobak biasanya sudah muncul dan menggelar dagangannya di berbagai pusat perbelanjaan mendekati malam pergantian tahun baru.

Oliebollen disebut paling banyak terjual pada siang hari 31 Desember sampai pukul 6 sore.

Biasanya pada jam-jam itulah pembeli akan mengular dan keramaian ini sudah jadi bagian dari tradisi yang diwariskan turun-temurun di sana.

Baca Juga: Sama-Sama Roti Goreng, Ternyata Ini Perbedaan Odading dan Cakwe