Find Us On Social Media :

Penyelenggaraan Bela Negara Menurut UU No. 3 Tahun 2022 Pasal 9 ayat (2), Materi PKN Kelas 9 SMP

TNI adalah salah satu alat negara yang dipergunakan untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI dari ancaman dalam dan luar negeri.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 6 masih membahas tentang tema bela negara, nih, Kids.

Dalam buku materi PKN Kelas 9 SMP Bab 6 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 175-176 membahas tentang pentingnya bela negara sebagai upaya untuk mengisi kemerdekaan dan mempertahankan negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Dari uraian tersebut kamu juga sudah mengetahui bahwa kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia adalah buah dari perjuangan dan perjalanan yang panjang juga sulit.

Inilah kenapa harus ada kesadaran untuk menjaga dan mengisi kemerdekaan agar tetap bisa diilhami dan dipahami sebagai sebuah cita-cita bersama.

Berikut adalah prinsip bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan pertahanan negara, di antaranya:

1. Bangsa Indonesia berhak dan wajib membela dan mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala jenis ancaman.

2. Pembelaan negara diwujudkan dengan keikutsertaan dalam upaya pertahanan negara yang jadi tanggung jawab dan kehormatan untuk tiap warga yang didasarkan ke kesadaran hak dan kewajiban warga negara dan keyakinan pada kekuatan sendiri.

3. Bangsa Indonesia cinta damai tetapi lebih cinta pada kemerdekaan dan kedaulatannya.

4. Bangsa Indonesia menentang segala bentuk penjajahan dan menganut politik luar negeri bebas aktif.

5. Bentuk pertahanan negara bersifat semesta, dalam arti melibatkan seluruh rakyat dan segenap sumber daya nasional, sarana, dan prasarana nasional, serta seluruh wilayah negara sebagai satu kesatuan pertahanan.

6. Pertahanan negara disusun berdasarkan prinsip demokrasi, hak asasi manusia, kesejahteraan umum, lingkungan hidup, ketentuan hukum nasional, hukum internasional dan kebiasaan internasional, dan prinsip hidup berdampingan secara damai dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

Baca Juga: Upaya Mengisi dan Mempertahankan NKRI, Materi PKN Kelas 9 SMP Bab 6