Find Us On Social Media :

Baik untuk Pencernaan hingga Liver, Ini 5 Khasiat Luar Biasa dari Temulawak

(Ilustrasi)Temulawak memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan.

GridKids.id - Apakah kamu pernah meminum jamu temulawak, Kids? Hmm... bagaimana rasanya?

Pastinya kamu juga pernah menemuinya di dapur karena rempah yang satu ini sering dijadikan sebagai bahan untuk masakan.

Namun tahukah kamu, selain untuk rempah masakan, temulawak juga punya khasiat yang luar biasa, lo.

Memiliki nama latin yaitu Curcuma xanthorrhiza Roxb, temulawak punya rimpang yang relatif besar dan berwarna kuning cerah.

Temulawak juga dikenal sebagai tanaman Javanese turmeric yang berasal dari Indonesia dan tersebar di negara Asia Tenggara. Tanaman ini juga bisa tumbuh di tanah kering, pekarangan, alang-alang maupun ladang. Mengandung zat aktif yang baik untuk tubuh, berikut beberapa khasiat temulawak yang sayang untuk dilewatkan.

Khasiat Temulawak bagi Kesehatan

1. Mengatasi Sistem Pencernaan Khasiat temulawak adalah mendorong produksi cairan empedu di kantong empedu yang mana hal ini akan membantu pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh. Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung, pencernaan yang enggak lancar dan meningkatkan selera makan.

Baca Juga: Cegah Stroke hingga Melancarkan Pencernaan, Ini 5 Khasiat Bunga Pepaya bagi Tubuh

2. Dapat Mengatasi Osteoarthritis

Temulawak berkhasiat untuk mengatasi osteoarthritis yang merupakan penyakit sendi yang terasa kaku dan sakit. Dalam sebuah jurnal juga menunjukkan bahwa efek temulawak sama seperti ibuprofen atau obat penghilang rasa sakit yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

3. Antibakteri dan Antijamur

Selain antiradang, temulawak juga mengandung senyawa antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri ini cukup efektif untuk membasmi bakteri Staphylococcus dan Salmonella. Sedangkan senyawa antijamur pada temulawak dapat menghilangkan jamur dari golongan dermatofita. 4. Obat Antiradang Temulawak mengandung senyawa antiradang yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang dapat memicu peradangan. Maka dari itu, kandungan antiradangnya dapat mengatasi penyakit peradangan dalam tubuh seperti radang sendi.