Find Us On Social Media :

Penerapan Bioteknologi dalam Kehidupan: Bidang Forensik, Materi IPA Kelas 9 SMP

Bioteknologi di bidang forensik berguna untuk dunia medis juga membantu penyelesaian investigasi kriminal.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) Materi IPA Kelas 9 SMP kali ini masih membahas tema 7 tentang bioteknologi dan pemanfaatannya.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 7 Kurikulum Merdeka Terbitan Kemdikbud, hlm. 79-80 membahas tentang bioteknologi forensik.

Bioteknologi bisa dimanfaatkan dalam dunia kesehatan dan medis, salah satunya di bidang forensik.

Forensik merupakan aplikasi teknik-teknik dan metode ilmiah yang digunakan untuk menginvestigasi suatu kejahatan atau tindak kriminal.

Pada awalnya, forensik digunakan untuk mencari atau menginvestigasi pelaku suatu tindak kejahatan hanya menggunakan tes sidik jari.

Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan bioteknologi, sudah ditemukan teknik investigasi yang lebih akurat lewat teknik investigasi yang lebih akurat.

Teknik akurat itu yang dikenal dengan DNA fingerprinting atau sidik DNA.

DNA fingerprinting ini merupakan teknik yang dilakukan untuk mengidentifikasikan seseorang berdasarkan profil pita DNAnya.

Ada dua aspek yang digunakan dalam teknik DNA fingerprinting ini, meliputi keseragaman hingga variasi profil DNA pada satu individu.

Prosedur DNA fingerprinting memiliki kesamaan dengan teknik investigasi menggunakan tes sidik jari.

Dalam tes sidik jari dilakukan pencocokan profil sidik jari seseorang, sedangkan pada DNA fingerprinting dilakukan pencocokan profil DNA individu.

Baca Juga: Materi IPA Kelas 9 SMP: Perbedaan Bioteknologi Konvensional dan Modern