Find Us On Social Media :

Imunologi, Cabang Ilmu Biologi tentang Sistem Imun dan Penyakit Penyertanya

Imunologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang belajar tentang sistem daya tahan tubuh dan penyakit yang menyertainya.

GridKids.id - Kids, pada artikel cabang ilmu sebelumnya kamu sudah belajar tentang cabang ilmu biologi yaitu epidemiologi.

Kali ini kamu akan diajak mengenal cabang ilmu biologi lainnya yaitu studi imunologi.

Imunologi merupakan ilmu tentang sistem imun dan penyakit yang menyertainya, seperti HIV, autoimun, alergi, hingga kanker.

Studi imunologi merupakan salah satu cabang ilmu kesehatan yang penting untuk kepentingan kesehatan manusia pada umumnya.

Ahli imunologi yang disebut dengan imunolog terus mempelajari sistem kekebalan tubuh manusia yang kompleks serta berbagai penyakit yang bisa menyebabkan kekebalan tubuh terganggu.

Sistem imun bekerja dengan cara yang cukup kompleks, tapi bisa dibagi jadi dua jenis pertahananannya, meliputi sistem imun bawaan dan sistem imun adaptif.

Sistem imun bawaan ysistem lapisan pertama yang melindungi tubuh dari kedatangan mikroorganisme asing yang punya potensi merugikan tubuh.

Sistem imun bawaan ini bisa membantu membersihkan sel mati dalam tubuh ataupun benda asing yang memasuki ke organ dalam tubuh.

Sistem imun adaptif merupakaan sistem imun ini merupakan antigen-dependent dan bisa bekerja spesifik pada mikroorganisme tertentu.

Sistem imun adaptif bisa mengenali patogen yang belum pernah dikenali sebelumnya dan dianggap cukup membahayakan untuk kekebalan tubuh.

Lalu, jenis-jenis penyakit yang berkaitan dengan sistem imun apa saja yang dipelajari dalam studi imunologi?

Baca Juga: 7 Makanan yang Baik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh, dari Paprika hingga Kiwi