Find Us On Social Media :

10 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia, Indonesia Urutan Berapa?

Teh adalah salah satu jenis minuman populer yang banyak digemari, negara mana saja yang jadi penghasil teh terbesar di dunia?

GridKids.id - Kids, pada artikel pengetahuan umum sebelumnya kamu sudah diajak GridKids melihat daftar negara dengan konsumsi roti terbesar di dunia.

Nah, di artikel pengetahuan umum kali ini kamu akan diajak melihat daftar negara-negara penghasil teh terbesar di dunia.

Teh merupakan komoditi dagang yang populer dan punya banyak penggemar di dunia, teh banyak dikonsumsi karena khasiat kesehatannya.

Teh diperkirakan berasal dari daerah pegunungan Himalaya dan daerah-daerah pegunungan yang berbatasan dengan negara RRC, India, dan Birma.

Teh awalnya dibawa ke Indonesia sebagai tanaman hias oleh Dr. Andreas Cleyer pada 1686.

Sedangkan pengadaan bibit tanaman teh dari luar nusantara kala itu dilakukan oleh pemerintah Belanda untuk menghasilkan komoditi ekspor yang mendatangkan keuntungan untuk kas Belanda.

Inspektut perkebunan teh pertama di Indonesia bernama J.J.L. Jacobson juga diutus untuk berangkat ke Cina dan mendapatkan sendiri bibit teh untuk ditanam di Hindia Belanda pada abad ke-19.

Dilansir dari katadata.co.id, pemerintah Belanda pada 1832 mengeluarkan kebijakan penanaman lebih dari satu juta bibit pohon teh di Bojonegoro, Jawa Timur.

Tak hanya didatangkan dari Cina, bibit teh yang ditanam di Indonesia juga didatangkan dari Jepang untuk ditanam di Residensi Preanger Regentschap dan Residensi Karawang.

Lalu, pada 1835, kurang lebih 200 peti teh sukses diangkut ke Amsterdam, Belanda dan diikutsertakan dalam sebuah acara lelang.

Sejak itu produksi teh di Nusantara terus ditingkatkan dan makin menjanjikan keuntungan bagi para pengusaha teh juga pemerintah Hindia Belanda kala itu.

Baca Juga: Bermula Sejak Abad-17, Begini Fakta Menarik Budaya Minum Teh di Inggris #AkuBacaAkuTahu