Find Us On Social Media :

Apakah Rasi Bintang yang Terbentuk di Langit Bisa Mengalami Perubahan?

Sudah tercatat sejak ribuan tahun lalu, apakah rasi bintang di langit mengalami perubahan?

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar tentang pengertian rasi bintang dan kegunaannya bagi manusia yang hidup di Bumi.

Rasi bintang terbentuk di langit malam yang gelap dan begitu luas, berupa konstelasi bintang yang bisa dihubungkan karena posisinya yang berdekatan.

Astronom hingga kini sudah menemukan beberapa metode untuk mengetahui jarak ke bintang-bintang itu.

Namun, bagi mata manusia yang melihatnya dari bumi, semua bintang seolah tetap pada posisinya dan enggak berubah.

Inilah kenapa para pengamat bintang di zaman dulu bisa mengenali konstelasi bintang-bintang dan bahkan menandainya sebagai tanda alam untuk memastikan kapan musim berganti.

Rasi bintang tak hanya dimanfaatkan untuk alasan praktis untuk kehidupan manusia.

Rasi bintang yang membentuk pola tertentu bahkan dikaitkan dengan kepercayaan mitologis tentang dewa-dewa dari Yunani Kuno.

Tak hanya Yunani Kuno, banyak peradaban budaya dari berbagai dunia yang meyakini rasi bintang yang terlukis di langit malam membawa makna tertentu bagi kehidupan manusia.

Kebanyakan rasi bintang yang kita kenal saat ini adalah ciptaan orang-orang yang tinggal di Mediterania dan Timur Tengah pada masa lampau.

Mediterania dan Timur Tengah merupakan tempat lahirnya peradaban maju yang berusaha mengembangkan ilmu pengetahuan, salah satunya astronomi.

Pada masa lampau, banyak orang-orangnya yang punya kebiasaan mencatat berbagai fenomena penting yang berkaitan dengan Bumi dan Langit.

Baca Juga: Mengenal Rasi Bintang dan Fungsinya Bagi Kehidupan Manusia di Bumi