Find Us On Social Media :

Kegiatan Ekonomi Produksi: Mengenal Proses dan Jenis-Jenisnya

Kegiatan ekonomi produksi berjalan dengan proses tertentu dari bentuk bahan baku hingga barang jadi. Apa saja jenis-jenis kegiatannya?

GridKids.id - Kids, pada artikel sebelumnya kamu sudah belajar tentang kegiatan ekonomi produksi bersama GridKids.

Kegiatan ekonomi produksi bertujuan untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen dan untuk memenuhi kebutuhan sendiri.

Sebelumnya kamu sudah diajak membahas tentang tujuan kegiatan dan nilai guna barang yang diproduksi dalam sebuah kegiatan ekonomi produksi.

Pada artikel ini kamu akan diajak mengenal proses produksi yang terjadi dalam kegiatan ekonomi produksi. Yuk, simak sama-sama uraian lengkapnya di bawah ini, Kids.

Proses produksi merupakan kegiatan untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa.

Proses ini dilakukan dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang ada seperti tenaga kerja, mesin, bahan baku, hingga dana supaya bisa lebih bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

A. Proses produksi dilihat dari arus bahan mentah

Proses produksi barang dari mulai bahan baku sampai menjadi produk akhir, terbagi jadi dua proses, meliputi:

- Proses produksi terus-menerus (Continous processes): Perusahaan menggunakan proses produksi terus-menerus apabila di dalam perusahaan terdapat urutan-urutan yang pasti sejak dari bahan mentah hingga proses produksi akhir.

- Proses terputus-putus (Intermitten processes): Jika sebuah proses produksi enggak memiliki urutan atau pola yang pasti dari bahan baku hingga menjadi produk final.

Baca Juga: Kegiatan Ekonomi Produksi: Tujuan Kegiatan dan Nilai Guna Barangnya