Find Us On Social Media :

Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup dan Kelainan Sifat yang Diturunkan, Materi IPA Kelas 9 SMP

Pewarisan sifat dari orang tua ke anak diturunkan oleh faktor genetika yang berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Apa saja?

GridKids.id - Kids, pada artikel Belajar dari Rumah (BDR) kali ini kita masih akan membahas tentang materi IPA Kelas 9 Tema 3 yaitu Pewarisan sifat pada makhluk hidup.

Dalam buku materi IPA Kelas 9 SMP Tema 3 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud, hlm. 141-146 masuk ke pembahasan tentang Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup dan Kelainan Sifat yang Diturunkan.

Pembahasan ini akan dilakukan untuk membantumu lebih memahami tentang mekanisme perbedaan atau variasi antarmakhluk hidup dan seperti apakah pewarisan yang terjadi dari orangtua ke anaknya.

Berikut ini akan dijelaskan satu persatu tentang pewarisan sifat orang tua pada anaknya, di antaranya:

Pewarisan Sifat pada Makhluk Hidup dan Kelainan Sifat yang Diturunkan

1. Pewarisan Warna Kulit

Warna kulit tiap orang bisa berbeda karena dikode oleh banyak gen, misalnya pengode warna kulit adalah gen A, B,C, maka gen inilah yang mengode pembentukan pigmen kulit (melanin) yang menyebabkan kulit seseorang menjadi gelap.

Variasi gen warna kulit atau alelanya yaitu gen a, b, c, sehingga orang yang punya gen AABBCC memiliki kulit sangat gelap sedangkan orang yang punya gen aabbcc memiliki kulit yang sangat terang.

Orang yang punya gen AaBbCc akan memiliki warna kulit sawo matang, sedangkan orang yang enggak memiliki zat melanin sama sekali dalam tubuhnya dikenal dengan istilah albino.

Seorang albino memiliki kelainan yang umum seperto fotofobia atau ketakutan pada cahaya.

Tanpa adanya pigmen kulit membuat orang-orang albino ini jadi lebih rentan mengalami kulit melepuh karena paparan sinar matahari hingga risiko kanker kulit.

Baca Juga: Mengenal Albinisme, Kondisi Genetik yang Disebabkan Kekurangan Kadar Melanin dalam Tubuh