Find Us On Social Media :

5 Peristiwa Penting Bersejarah Era Pemerintahan Orde Lama (Bagian 2)

Era orde lama dipenuhi upaya menumpas berbagai pemberontakan dan gerakan separatis yang bermunculan di banyak daerah di Indonesia.

GridKids.id - Kids, pada artikel yang membahas orde lama sebelumnya, GridKids mengajakmu melihat beberapa peristiwa penting pada era orde lama.

Orde lama merupakan era pemerintahan Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno yang berlangsung sejak 1945-1966.

Pada era orde lama terjadi berbagai peristiwa penting yang memengaruhi kondisi politik negara, dan berdampak juga dengan kondisi ekonomi hingga sosial budaya.

Kondisi politik Indonesia pada era orde lama juga diwarnai dengan berbagai pergolakan politik dan upaya separasi yang terjadi di daerah.

Hal ini juga terasa makin rumit dengan munculnya upaya Belanda untuk terus melakukan operasi militer di wilayah Indonesia.

Kali ini kamu akan diajak melihat bagian dua dari peristiwa penting bersejarah era pemerintahan orde lama, di antaranya:

Peristiwa Penting Era Pemerintahan Orde Lama

1. Gerakan DI/TII (1948-1962)

Pembentukan Gerakan Darul Islam (DI) dan Tentara Islam Indonesia (TII) atau DI/TII dilatarbelakangi oleh kekecewaan atas kepemimpinan Presiden Soekarno.

DI/TII bertujuan untuk mendirikan negara yang berbasis Islam dengan Kartosuwiryo sebagai pimpinan utamanya.

Gerakan DI/TII terbentuk pada 1948 dan terpusat di lima daerah besar di Indonesia, yaitu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, dan Aceh.

Gerakan DI/TII dibawah kepemimpinan Kartosuwiryo berdiri sejak 1948 hingga 1962, Amir Fatah memimpin gerakan di Jawa Tengah sejak 1949-1950.