Find Us On Social Media :

3 Bentuk Pelanggaran Demokrasi yang Terjadi di Indonesia Masa Kini

Pelanggaran terhadap demokrasi terjadi ketika suara rakyat tak bisa disampaikan dengan bebas tanpa intervensi pihak lainnya.

GridKids.id - Demokrasi adalah sebuah sistem pemerintahan yang menempatkan suara rakyat pada tempat tertinggi.

Negara demokrasi adalah negara yang menganut bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan dengan mewujudkan kedaulatan rakyat atau negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara.

Ketika bicara tentang demokrasi akan selalu berkaitan dengan isu-isu tentang hak asasi manusia (HAM).

Perjuangan menegakkan demokrasi adalah upaya umat manusia untuk menjamin terlindunginya hak asasi dari berbagai pelanggaran HAM yang bisa terjadi karena kepentingan individu atau kelompok tertentu.

Negara yang menjunjung tinggi nilai demokrasi akan menjaga hak asasi manusia dan menjamin terpenuhinya hak-hak ekonomi maupun sosial budaya masyarakat.

Demokrasi enggak sama dengan kebebasan absolut yang bisa berjalan tanpa aturan, karena demokrasi adalah gagasan dan prinsip yang dibatasi dengan aturan hukum (konstitusi).

Kebebasan tak bisa dilepaskan dari praktik demokrasi ketika pemerintah dan rakyat sebagai pemegang kekuasaan yang harus bertindak dengan hukum atau konstitusi yang berlaku.

Meski diciptakan pembatasan yuridis yang bernama Rule of Law (Rechtstaat), di Indonesia masih sering terjadi pelanggaran demokrasi, misalnya:

Bentuk Pelanggaran Demokrasi Masa Kini

1. Politik Uang

Politik uang merupakan wacana yang selalu muncul dalam pemilihan umum atau yang sering dikenal dengan istilah jual beli suara.

Baca Juga: Nilai-Nilai Demokrasi yang Bisa Dipelajari oleh Anak-Anak di Sekolah