Find Us On Social Media :

5 Kelebihan dan Pencapaian Pemerintah Indonesia Era Orde Lama

Pemerintahan Orde Lama berhasil mencapai beberapa prestasi atau pencapaian, salah satunya berhasil merebut kembali Irian Barat dari Belanda.

GridKids.id - Kids, sebelumnya kita sudah banyak membahas tentang jalannya pemerintahan orde lama di Indonesia.

Pada beberapa artikel sebelumnya kamu sudah diajak melihat berbagai penerapan sistem demokrasi yang menentukan jalannya politik pada masa pemerintahan orde lama.

Nah, kali ini kamu akan diajak melihat kelebihan atau prestasi pemerintahan orde lama di bawah kepemimpinan Presiden Soekarno.

Berikut ini adalah kelebihan pada masa pemerintahan orde lama (1945-1965), di antaranya:

Kelebihan Masa Pemerintahan Orde Lama (1945-1965)

1. Berhasil Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

Pada masa awal orde lama merupakan juga era revolusi kemerdekaan (1945-1950).

Ketika itu pemerintahan negara fokus berupaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari pihak-pihak asing yang ingin menguasai kembali, seperti Belanda dengan bantuan sekutu.

Banyak terjadi pertempuran untuk mempertahankan kemerdekaan seperti pertempuran Medan Area, pertempuran 10 November di Surabaya, pertempuran Ambarawa, pertempuran bandung lautan api, pertempuran 5 hari di Semarang, dan lain sebagainya.

Pada era inilah terjadi Agresi Militer Belanda 1 dan 2 yang berusaha menancapkan kembali hegemoni di tanah air.

Pemerintah Indonesia kala itu melakukan banyak upaya untuk menyelenggarakan perundingan dan perjanjian untuk mendamaikan kondisi politik sekaligus tetap mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Penerapan Demokrasi di Indonesia Masa Revolusi Kemerdekaan (1945-1949)