Find Us On Social Media :

Jawab Pertanyaan Teks 'Kerja Sama yang Baik', Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 7

Ilustrasi teks bacaan berjudul 'Kerja Sama yang Baik', buku materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD tema 7.

GridKids.id - Artikel Belajar dari Rumah (BDR) materi Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Tema 7 kali ini akan mengajakmu membaca teks berjudul "Kerja Sama yang Baik".

Dalam buku materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD Tema 7 Kurikulum Merdeka terbitan Kemdikbud hlm. 164-167 terdapat teks bacaan "Kerja Sama yang Baik" yang diceritakan ulang oleh Dian Kristiani.

Dalam teks itu kamu akan dikenalkan dengan dua tokoh penjual panganan lunpia atau lumpia yang berjualan di sekitar kampung bernama A Joe dan Warsih.

Lunpia atau lumpia adalah kuliner khas Semarang yang sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh Direktorat Internalisasi dan Nilai Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014).

Lumpia awalnya mulai dikenal di Hindia Belanda pada abad ke-19 dan merupakan salah satu contoh perpaduan budaya asli Tionghoa-Jawa.

Pada 1870, Tjoa Thay Joe datang dari daerah asalnya yaitu Fujian ke Semarang dan menjajakan lunpia berisi rebung dan daging babi.

Di Jawa, A Joe bertemu dengan Warsih yang menjajakan panganan serupa tapi berisi kentang juga udang, keduanya lalu menikah.

Setelah keduanya bersama, lumpia buatan mereka yang disesuaikan isiannya dengan kebiasaan konsumsi orang-orang Jawa pada umumnya agar banyak orang yang membeli penganan itu.

Kamu diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diskusi pada hlm. 167-168.

Yuk, simak uraian lengkap jawabannya di bawah ini, Kids.

Berdiskusi: Diskusikan isi cerita "Kerja Sama yang Baik" bersama-sama.

Baca Juga: Jawab Pertanyaan Teks 'Cerita Nelayan yang Menggunakan Bom', IPA Kelas 4 SD Tema 6