Find Us On Social Media :

Peristiwa Penting Imperialisme dan Kolonialisme Bangsa Barat di Indonesia

Bangsa Barat mulai berdatangan ke Nusantara untuk mencari rempah-rempah pada abad ke-16.

GridKids.id - Halo, Kids, kembali lagi bersama artikel pengetahuan umum bersama GridKids, nih.

Pada artikel sebelumnya kamu sudah mengenal beberapa peninggalan masa penjajahan bangsa Barat di nusantara berupa benteng pertahanan.

Nah, pada artikel kali ini kamu akan diajak menyimak timeline atau garis waktu peristiwa-peristiwa penting seputar imperialisme dan kolonialisme bangsa Barat di nusantara.

Nah, sebelum masuk ke detail peristiwa pentingnya, kamu akan diajak memahami konsepnya satu persatu.

Imperialisme berasal dari kosa kata bahasa latin yaitu imperium yang artinya mengomandani atau kekuasaan tertinggi, yang bermakna kebijakan dan praktek perluasan suatu negara lewat pencaplokan atau penaklukan wilayah lain.

Sedangkan kolonialisme berasal dari colony yang diambil dari kosa kata bahasa latin yaitu calon yang merujuk pada petani, penanam, hingga pekebun di daerah baru.

Kolonialisme adalah kegiatan pengembangan kekuasaan suatu negara atas wilayah yang berasal dari batas wilayah yang identik dengan penjajahan dan eksploitasi tanah, harta, hingga sumber daya alam suatu daerah.

Selanjutnya kamu akan diajak memerhatikan timeline sejarah tentang peristiwa-peristiwa penting imperialisme dan kolonialisme di nusantara. Yuk, simak daftarnya di bawah ini Kids.

Peristiwa Penting Terkait Imperialisme dan Kolonialisme di Nusantara

1. 1509: Portugis tiba di Malaka di bawah pimpinan Diogo Lopez de Sequiera. Kedatangan perwakilan Portugis disambut baik lalu setelah perundingan para saudagar muslim, keberadaan Diogo Lopez de Sequiera ditolak.

2. 1510: Portugis menaklukan Goa dan membuat pertahanan di pantai Barat Goa.

Baca Juga: Jawaban Pertanyaan Berdasarkan Teks Bacaan