Find Us On Social Media :

5 Dampak Negatif Terjadinya Globalisasi di Bidang Sosial-Budaya Masyarakat

Globalisasi adalah proses mendunia yang kini sudah terjadi dan terus bergulir di seluruh dunia. Apa saja dampak negatifnya di bidang sosial-budaya?

GridKids.id - Kini dunia sudah begitu modern karena perkembangan teknologi dan pengaruh dari globalisasi.

Globalisasi adalah terjemahan bahasa Inggris dari globalization, yang bermakna sebuah proses mendunia.

Globalisasi adalah proses tumbuhnya kesadaran bahwa dunia adalah suatu kesatuan yang utuh tanpa batasan-batasan wilayah, budaya, hingga bahasa.

Fenomena globalisasi mendorong terjadinya berbagai macam perubahan pada tatanan masyarakat yang sudah ada sebelumnya.

Jika kehidupan di dunia dulunya berjalan sesuai dengan nilai-nilai atau tatanan lokal, kini pasca globalisasi makin meluas setiap informasi maupun perkembangan terbaru bisa menjangkau seluruh belahan dunia.

Hal ini tentunya membawa dampak positif karena pertukaran informasi hingga ilmu pengetahuan menjadi lebih masif dan tentunya lebih efisien.

Namun, globalisasi juga membawa dampak negatif jika diterima mentah-mentah tanpa menimbang lagi nilai-nilai sosial yang sudah dijalani atau dilakukan oleh sebuah masyarakat sebelum mengenal pengaruh globalisasi.

Kali ini GridKids akan mengajakmu melihat dampak negatif dari globalisasi bagi bidang sosial budaya masyarakat, di antaranya:

Dampak Negatif Globalisasi Bagi Bidang Sosial Budaya

1. Mulai Lunturnya Nilai Budaya

Globalisasi terjadi dengan begitu cepat dan masif juga sulit dihentikan, hal ini ternyata bisa menggerus nilai-nilai budaya asli sebuah bangsa.

Baca Juga: 7 Faktor Pendorong Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat, IPS Kelas VII