Find Us On Social Media :

5 Khasiat Temulawak bagi Kesehatan, Salah Satunya Atasi Radang Sendi

(Ilustrasi) temulawak memiliki segudang khasiat bagi kesehatan.

GridKids.id - Apakah kamu pernah minum jamu dari temulawak, Kids?

Yap, temulawak menjadi salah satu rempah yang banyak ditemui di Indonesia.

Temulawak memang sering dijadikan sebagai olahan olahan makanan dan ternyata memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan.

Temulawak memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza Roxb dan memiliki rimpang yang relatif besar dan berwarna kuning cerah.Selain itu, temulawak juga dikenal sebagai tanaman Javanese turmeric yang berasal dari Indonesia dan tersebar di negara Asia Tenggara.Tanaman ini juga bisa tumbuh di tanah kering, pekarangan, alang-alang maupun ladang.Mengandung zat aktif yang baik untuk tubuh, berikut beberapa khasiat temulawak yang sayang untik dilewatkan.

5 Khasiat Temulawak bagi Kesehatan

1. Dapat Mengatasi Osteoarthritis

Temulawak berkhasiat untuk mengatasi osteoarthritis yang merupakan penyakit sendi yang terasa kaku dan sakit.Dalam sebuah jurnal juga menunjukkan bahwa efek temulawak sama seperti ibuprofen atau obat penghilang rasa sakit yang diberikan pada pasien osteoarthritis.

Baca Juga: 5 Khasiat Air Rendaman Kunyit yang Baik untuk Kulit hingga Jantung

2. Menjaga Kesehatan Liver

Temulawak juga terbukti berkhasiat untuk melindungi hati dan hepatotoksin seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen.Hepatotoksin merupakan bahan kimia yang dapat menyebabkan efek buruk pada hati sehingga temulawak menjadi salah satu obat alami yang dapat menjaga kesehatan hati.3. Mengatasi Sistem PencernaanKhasiat lainnya yang ada pada temulawak adalah mendorong profiksi cairan empedu di kantong empedu yang mana hal ini akan membantu pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh.Temulawak juga dapat mengatasi perut kembung, pencernaan yang enggak lancar dan meningkatkan selera makan.

4. Obat AntiradangTemulawak mengandung senyawa antiradang yang dapat menghambat produksi prostaglandin E2 yang dapat memicu peradangan.Maka dari itu, kandungan antiradangnya dapat mengatasi penyakit peradangan dalam tubuh seperti radang sendi.5. Antibakteri dan Antijamur

Baca Juga: Termasuk Rempah Alami, Ini 5 Khasiat Minum Teh Kunyit bagi Tubuh, Sudah Tahu?