Find Us On Social Media :

Pengertian Bencana Alam Banjir dan Faktor-Faktor Penyebabnya

Banjir terjadi ketika saluran air atau daerah resapan air enggak bisa menyerap air hujan, sehingga air menggenang.

GridKids.id - Kids, salah satu bencana alam yang umum terjadi di Indonesia adalah bencana banjir.

Banjir merupakan sebuah bencana alam yang terjadi ketika curah hujan tinggi di musim penghujan yang disebabkan karena kurangnya daerah resapan air.

Banjir merupakan jenis dampak negatif dan merugikan masyarakat, sehingga perlu ada upaya untuk mengendalikan dan menjaga lingkungan supaya enggak terjadi luapan air ketika musim penghujan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian banjir adalah berair banyak dan deras, kadang-kadang meluap, air yang banyak dan mengalir deras, dan peristiwa terbenamnya daratan karena volume air yang meningkat.

Banjir bisa terjadi di kawasan perkotaan hingga kawasan pedesaan dan disebabkan oleh faktor-faktor berbeda dan menyebabkan dampak yang berbeda juga.

Arus banjir yang kuat dan deras bisa menyeret apapun yang dilewati, sehingga bisa menghanyutkan berbagai benda dan materi bahkan bisa menyebabkan korban jiwa.

Banjir juga bisa memicu kerusakan pada sarana dan prasarana dan fasilitas masyarakat.

Tak hanya itu banjir juga akan menyebabkan kelumpuhan dan pemutusan akses untuk menjaga keamanan masyarakat dalam bermobilisasi, contohnya pemadaman listrik oleh PLN.

Berikut adalah beberapa faktor-faktor penyebab bencana alam banjir, di antaranya:

Penyebab Bencana Alam Banjir

1. Topografi Wilayah

Baca Juga: Daftar Daerah Rawan Bencana Alam di Indonesia: Banjir, Tsunami Hingga Gempa