Find Us On Social Media :

Apakah yang Dimaksud dengan Tindakan Cyberbullying? Apa Penyebabnya?

Perilaku cyberbullying pada anak-anak bisa terjadi ketika anak-anak memeroleh akses penggunaan gawai atau ponsel.

GridKids.id - Kids, apakah yang kalian ketahui tentang cyberbullying?

Sebelum membahas tentang pengertian cyberbullying, GridKids akan mengajakmu memahami pengertian dari bullying, nih, Kids.

Menurut Buku Panduan Melawan Bullying yang disusun oleh Komunitas Sudah Dong sebagai bagian dari kampanye stop-Bullying menjelaskan tentang pengertian Bullying.

Bullying atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan penindasan atau perisakan adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan yang sengaja dilakukan oleh satu atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain.

Bullying dilakukan dengan tujuan untuk menyakiti dan dilakukan secara terus menerus.

Dilansir dari laman resmi UNICEF, cyberbullying atau perundungan dunia maya adalah sebuah bullying yang menggunakan media teknologi digital.

Hal ini bisa terjadi di berbagai media sosial, platform chatting/teks, platform game, dan aplikasi yang ada pada ponsel.

Cyberbullying didefinisikan sebagai sebuah perilaku berulang yang dilakukan agar korbannya merasa takut, marah, dan merasa dipermalukan.

Berbeda dengan bullying yang terjadi secara langsung atau tatap muka, cyberbullying meninggalkan jejak digital yang bisa dijadikan barang bukti untuk menghentikan perilaku yang salah ini.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mencegah Perilaku Bullying di Lingkungan Sekolah

Kasus Cyberbullying di Indonesia