Find Us On Social Media :

Mengenal Pengertian Fungsi Aplikasi Rumus Excel: SUM dan AutoSUM

Ilustrasi berbagai jenis dokumen pada aplikasi microsoft office, salah satunya microsoft Excel.

GridKids.id - Pada artikel sebelumnya kamu sudah diajak untuk mengenal 8 Rumus Excel yang paling sering digunakan.

Kali ini kamu akan diajak untuk mengenal lebih dekat tentang salah satu rumus Excel sederhana yaitu SUM.

Rumus SUM bisa digunakan untuk memudahkan penghitungan atau penjumlahan data-data yang terpilih dalam tabel dengan cepat dan tepat.

Berikut akan dijelaskan tentang langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan rumus ini, di antaranya:

1. Tentukan dulu kolom angka atau angka yang ingin dicari penjumlahan totalnya.

2. Pilih sel atau kotak tempat hasil penjumlahan akan dicantumkan.

3. Masukkan rumus Excel SUM, yaitu dengan =SUM.

4. Ketikkan referensi sel pertama, titik dua, hingga referensi sel terakhir. Contohnya =SUM(A2:A9)

5. Kalau sudah tepat referensi selnya maka penghitungan akan otomatis terjumlahkan dengan tepat ketika kamu menekan tombol enter.

Baca Juga: Mengenal Microsoft Excel: Pengertian dan Manfaat Penggunaannya

Cara Mengaplikasikan AutoSum