GridKids.id - Kids, setelah sebelumnya sudah mencoba belajar beberapa shortcut hingga membuat tabel perkalian di Ms. Word, kali ini kamu akan belajar tentang rumus Excel bersama GridKids, nih.
Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi berupa lembar kerja yang bisa dimanfaatkan untuk mengolah data berupa angka dengan lebih praktis.
Jika kamu mempelajari berbagai rumus Excel tentunya bisa membantumu ketika kamu diminta melakukan praktek membuat dokumen dengan Ms. Excel.
Pengolahan data berupa angka yang menggunakan Ms. Excel akan bisa direkap dengan lebih cepat dan tepat.
Nah, berikut ini adalah rumus-rumus Excel yang banyak dipergunakan untuk mengolah data berupa angka pada Ms. Excel. Simak penjelasannya satu persatu, yuk!
Rumus-Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan
1. SUM
Rumus ini digunakan untuk menjumlahkan data atau menghitung total data dalam tabel.
=SUM(cell pertama : cell terakhir); contoh =SUM(A1,B1).
Baca Juga: 4 Rumus Excel yang Paling Banyak Digunakan, SUM, MAX, MIN dan Average
2. AVERAGE
Rumus ini digunakan untuk menghitung nilai rata-rata.
=AVERAGE(cell pertama : cell terakhir); contoh: =AVERAGE(A1:A10).
3. MAX
Rumus untuk menampilkan data dengan nilai terbesar.
=MAX(cell pertama : cell terakhir)
4. MIN
Rumus untuk menemukan data dengan nilai terkecil.
=MIN(cell pertama : cell terakhir)
Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Rumus Excel? #AkuBacaAkuTahu
5. IF
Rumus ini merupakan salah satu rumus fungsi yang paling banyak digunakan pada lembar kerja Excel.
Rumus ini memungkinkan seseorang untuk membuat perbandingan logis antara nilai dan perkiraan.
Sehingga ketika rumus ini digunakan akan ada dua hasil, yaitu perbandingan benar atau perbandingan salah.
=IF (nilai yang ingin dicara, [jika nilai sesuai mana yang Benar],[jika nilai tidak sesuai maka Salah].
6. COUNT
Rumus ini digunakan untuk menghitung berapa jumlah sel dalam sebuah range.
=COUNT (cell pertama: cell terakhir).
Baca Juga: 45 Rumus Shortcut Microsoft Excel Beserta Fungsinya untuk PC dan Laptop
7. VLOOKUP
Menampilkan data pada sebuah tabel yang disusun dalam sebuah format vertikal.
=VLOOKUP (nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilainya atau sebuah tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH).
8. HLOOKUP
Rumus ini bertujuan untuk menampilkan data tabel yang disusun dalam format horizontal.
=HLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang cell yang ingin ditemukan nilainya atau tabel referensi, nomor kolom dari tabel referensi, BENAR/SALAH).
Nah, itulah tadi delapan rumus excel yang sering digunakan dalam lembar kerja Ms. Excel.
Kamu bisa mulai berlatih untuk mengolah data-data sederhana dengan rumus-rumus di atas, ya, Kids.
----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.