GridKids.id - Rumus Excel bukan hanya digunakan untuk orang yang sudah bekerja saja, karena pelajar juga menggunakannya untuk memudahkan penghitungan.
Pada umumnya, rumus Excel digunakan sejumlah orang untuk mengolah data dan membantu penjumlahan sederhana, membuat tabel dan lainnya.
Ada sejumlah rumus Excel yang paling sering digunakan untuk memudahkan pekerjaan.
Lantas, apa saja daftar rumus Excel yang sering digunakan masyarakat? Yuk, kita cari tahu.
1. SUM
Untuk rumus Excel yang pertama ialah SUM atau penjumlahan adalah operasi dasar excel.
Rumus Excel ini banyak digunakan untuk mengolah data yang banyak ataupun sedikit.
Penggunaan rumus Excel yang satu ini dinilai efektif ketika kamu ingin menjumlahkan sejumlah data.
Rumus Excel SUM sendiri seperti =SUM(cell awal:cell akhir).
Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Rumus Excel? #AkuBacaAkuTahu
Contoh rumu Excel SUM:
=SUM(B1:G1) untuk menjumlahkan baris B1 hingga G1
=SUM(A1:A10) untuk menjumlahkan kolom A1 hingga A10
=SUM(A1:A7,A9,A11:A15) untuk menjumlah pada kolom A1 hingga A7, A9, dan jumlah pada A11 hingga A15
=SUM(A1:A4)/10 untuk menjumlahkan kolom A1 hingga A4 lalu dibagi 10
2. MAX
Rumus Excel yang paling banyak digunakan berikutnya ialah MAX.
Untuk sendiri digunakan untuk mencari sebuah nilai tertinggi dari data yang ada.
Penulisan rumus Excel MAX seperti, =MAX(number1, number2, ….)
Baca Juga: Langkah-Langkah Mengubah File Excel Menjadi PDF yang Mudah Dilakukan
Untuk number 1 dan seterusnya berisi range data yang digunakan mencari nilai tertinggi pada suatu data.
Contoh rumus Excel MAX:
=MAX(A1:A10) -> Mencari nilai tertinggi di antara A1-A10
=MAX(cell awal:cell akhir)
3. MIN
Rumus Excel berikutnya ialah MIN yang kerap digunakan untuk memperoleh nilai terendah.
Menyerupai rumus Excel MAX, fungsi number1, number2 dan seterusnya akan berisikan data guna mencari nilai terendah.
Contoh rumus Excel MIN:
=MIN(cell awal:cell akhir)
=MIN(B1:B10) -> Mencari nilai terendah di antara A1-A10
Baca Juga: Mengenal Rumus Nilai Tertinggi dan Terendah di Microsoft Excel
4. Average
Rumus Excel yang populer selanjutnya yaitu Average yang digunakan untuk mencari nilai rata-rata pada data.
Berikut contoh rumus Excel Average:
=AVERAGE(cell awal:cell akhir)
=AVERAGE(B1:B10) untuk nilai rata-rata dari kolom B1-B1
-----
Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.
Penulis | : | Febryan Kevin |
Editor | : | Regina Pasys |
Komentar