Find Us On Social Media :

Bantu Jaga Pencernaan dan Jantung, Cukup Konsumsi Daun Hijau Kaya Kandungan Air Ini

Seledri banyak digunakan sebagai pelengkap sajian masakan rumahan setiap hari.

GridKids.id - Kids, jika kamu rajin makan sop sayur pasti sudah enggak asing lagi dengan salah satu pelengkap sajian sop satu ini. Yap, seledri!

Rasa dan aromanya yang unik melengkapi kelezatan sajian masakan rumahan yang menggugah selera.

Sayuran yang punya nama latin Apium graveolens ini biasa dijadikan pelengkap atau hiasan hingga campuran berbagai hidangan seperti sup, salad, tumisan, bahkan dikonsumsi sebagai lalapan segar.

Dalam 100 gram seledri, terdapat berbagai kandungan nutrisi seperti kalsium, fosfor, natrium, kalium, dan vitamin C.

Kandungan kalium yang sangat tinggi pada seledri bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari saraf hingga organ jantung.

Selanjutnya akan dijelaskan tentang manfaat seledri untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Manfaat Seledri untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Tekanan Darah

Seledri dapat menjaga kesehatan tekanan darah sehingga bisa menghindarkan tubuh dari timbulnya sakit ginjal, nih, Kids.

Baca Juga: Tak Hanya Menambah Cita Rasa Makanan, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Daun Bawang untuk Kesehatan Tubuh

Ketika tekanan darah enggak terjaga, maka akan memicu kerusakan pembuluh darah. Hal tersebut akan berdampak pada organ tubuh lainnya seperti ginjal yang akan mengalami kerusakan.

Ginjal yang mengalami gangguan akan sulit menyaring darah dari racun. Sehingga akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan ginjal.

2. Mencegah Batu Ginjal

Seledri sendiri memiliki manfaat kesehatan yang mampu mencegah pembentukan batu ginjal. Hal tersebut dikarenakan seledri memiliki kandungan kalium dan antioksidan yang cukup tinggi.

Kandungan tersebut dapat mengurangi risiko penumpukan dan pengendapan mineral pada ginjal.

Bukan hanya itu saja, seledri juga mengandung banyak kandungan air sehingga membantu membuang zat sisa dan racun melalui urine.

3. Mengurangi Risiko Gagal Ginjal

Kandungan antioksidan pada seledri bermanfaat untuk mengurangi risiko gagal ginjal. Antioksidan sendiri mampu mencegah dan menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.

Bukan hanya itu saja, antioksidan juga bisa membantu memaksimalkan kerja organ ginjal.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Ginjal Hingga Liver Hanya Bermodalkan Buah Kecil Ini

4. Mengurangi dehidrasi

Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2011 menunjukkan bahwa seledri memiliki kandungan air yang cukup tinggi.

Penelitian tersebut menunjukkan kandungan air dalam seledri berkisar antara 90-99 persen. Sehingga dengan mengonsumsinya akan membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada seledri bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol dalam menjaganya tetap stabil dan normal. Kalium juga baik untuk menjaga irama detak jantung tetap stabil dan normal.

Seledri juga kaya kandungan serat dan antioksidan yang baik bisa membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga bisa mengurangi risiko penyumbatan pada arteri karena plak.

 6. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dan air pada sayuran seledri bisa membantu menjaga pencernaan tetap sehat dan mencegah gangguan pencernaan seperti sembelit.

Itulah enam manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh. Tak hanya punya aroma yang unik dan sedap, seledri baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

 

-----

Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia.