Find Us On Social Media :

Kenapa Bangunan Peninggalan Belanda Selalu Terasa Sejuk? #AkuBacaAkuTahu

Ilustrasi rumah atau bangunan Belanda yang selalu terasa sejuk di dalamnya.

GridKids.id - Kids, kesan apa yang timbul dalam benakmu ketika melihat bangunan peninggalan Belanda yang tampak kokoh?

Beberapa orang meyakini bangunan Belanda punya kesan mistis karena hawanya yang sejuk dan ruangan-ruangan di dalamnya yang luas dan memiliki langit-langit yang tinggi.

Terlepas dari kesan mistis, bangunan-bangunan Belanda yang sejuk ternyata diciptakan dengan struktur bangunan tertentu, lo.

Faktor-faktor penyusun bangunan mulai dari jendela, langit-langit, dinding, hingga lantainya ternyata berpengaruh pada suasana sejuk yang dirasakan ketika masuk ke dalamnya.

Dilansir dari hai.grid.id, Bapak Ashar Saputra, PhD, Dosen Teknik Sipil dari Fakultas Teknik UGM mengatakan ada beberapa penyebab kenapa bangunan Belanda memiliki hawa yang sejuk. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya.

Kenapa Bangunan Peninggalan Belanda Selalu Sejuk?

Batu bata yang digunakan sebagai material penyusun dinding bangunan-bangunan Belanda terbuat dari materi yang tebal sehingga efektif untuk menghalau radiasi panas dari luar bangunan.

Inilah yang membuat ruangan dalam bangunan Belanda bisa tetap sejuk di tengah cuaca yang terik di siang hari.

Selain itu, sirkulasi udara juga diperhatikan lewat jendela-jendela besar yang menjadi ciri dari bangunan-bangunan gaya Belanda.

Baca Juga: Sejarah dan Fakta Lawang Sewu, Bangunan 'Seribu Pintu' di Kota Semarang yang Penuh Misteri

Berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan bangunan-bangunan Belanda terasa sejuk meski enggak menggunakan teknologi pendingin ruangan modern, di antaranya:

1. Warna Dinding