Find Us On Social Media :

5 Manfaat Buah Nanas bagi Kesehatan, Salah Satunya Melawan Kanker

Manfaat buah nanas bagi kesehatan.

GridKids.id - Kids, apa kamu suka dengan buah nanas? Buah manis yang satu ini memang banyak digemari, ya. Buah nanas adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Selatan, Kids. Buah berwarna kuning ini mengandung nutrisi, antioksidan serta enzim yang bisa melawan penyakit.

Berbagai kandungan penting ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah segudang manfaat nanas yang baik untuk kesehatan. 1. Dapat melancarkan pencernaan Buah nanas ini mengandung enzim pencernaan yang disebut bromelain yang berfungsi sebagai protease yang dapat memecah molekul protein hingga menjadi asam amino dan peptida. Setelah molekul yang dipecah ini akan lebih mudah diserap di usus kecil yang membantu bagi orang yang mengalami insufisiensi pankreas. 2. Dapat mempercepat pemulihan setelah operasi

Baca Juga: Tak Hanya Lezat, 4 Buah Ini Baik Dikonsumsi Penyandang Liver

Mengonsumsi nanas dapat mempercepat waktu dibutuhkan untuk pulih setelah operasi atau olahraga.

Penelitian menunjukkan bromelain dapat mengurangi peradangan, bengkak, memar dan nyeri sering terjadi setelah operasi. Penelitian ini mengatakan bahwa orang yang mengonsumsi bromelain sebelum orperasi gigi secara signifikan akan mengurangi rasa sakit.

Di samping itu, protease ini dapat mempercepat pemulihan kerusakan karena olahraga di sekitar jaringan otot yang rusak. 3. Dapat meningkatkan sistem imun

Dalam sebuah penelitian, anak-anak yang punya risiko infeksi virus dan bakteri yang jauh lebih rendah. Anak-anak yang memakan nanas paling banyak memiliki sel darah putih yang melawan penyakit hampir empat kali lipat lebih banyak. 4. Dapat mencegah penyakit Nanas mengandung antioksidan yaitu molekul yang dapat membantu tubuh melawan stres oksidatif akibat radikal bebas.

Baca Juga: 8 Manfaat Konsumsi Buah Raspberry, Baik untuk Tangkal Penyakit Kronis

Radikal bebas ini berinteraksi dengan sel-sel tubuh yang menyebabkan kerusakan yang terkait dengan peradangan kronis, sistem imun lemah, dan penyakit berisiko.

Antioksidan ini ditemui dalam nanas seperti flavonoid dan asam fenolik. 5. Mengurangi risiko kanker

Kanker adalah penyakit kronis yang perkembangannya dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nanas dan senyawanya bisa menurunkan risiko kanker karena antioksidannya ini dapat melawan stres oksidatif. Nah, itulah 5 manfaat buah nanas yang baik bagi kesehatan, salah satunya dapat mengurangi risiko kanker.