Find Us On Social Media :

Perbedaan Unsur, Senyawa, dan Zat Campuran Beserta Contohnya, Fisika Kelas 7 SMP

Seluruh materi yang ada di bumi tersusun dari beberapa unsur, senyawa, atau zat campuran.

GridKids.id - Kids, tahukah kamu setiap objek yang ada di bumi adalah materi yang punya massa dan menempati ruangnya sendiri?

Berdasar struktur dan sifatnya, materi terbagi jadi dua yaitu zat tunggal dan campuran.

Menurut Encyclopaedia Britannica, zat tunggal merupakan zat yang terdiri dari satu jenis materi saja atau bisa disebut dengan zat murni.

Zat murni merupakan kumpulan atom-atom kimiawi yang sama, seperti air, oksigen, dan besi. Sedangkan zat tunggal bisa terbagi lagi menjadi unsur dan senyawa.

Nah, kali ini kamu akan diajak untuk mengenal apa itu yang disebut dengan unsur, senyawa, hingga campuran. Simak uraian lengkapnya di bawah ini, Yuk!

1. Unsur

Unsur merupakan zat tunggal atau zat murni yang enggak bisa lagi diuraikan karena sudah merupakan bentuk paling sederhana.

Para ilmuwan kimia sudah menemukan lebih dari 100 jenis unsur yang ada di bumi.

Unsur terbagi lagi jadi tiga jenis berdasar sistem periodiknya, di antaranya:

Baca Juga: Apakah yang Dimaksud Materi, Zat Tunggal, dan Zat Campuran? Materi Kelas 5 SD Tema 9

- Unsur Logam, berwujud padat, berwarna putih mengkilap (bisa juga perak, abu-abu, atau kuning), penghantar listrik yang baik, punya titik didih dan titik leleh yang tinggi, bisa dibentuk jadi lempengan atau lembaran.

Contohnya: Aluminium (Al), Barium (Ba), besi (Fe), emas (Au), Kalium (Ca), Magnesium (Mg), Mangan (Mn), Natrium (Na), dan Nikel (Ni).